Kamis, 22 September 2016

Resep Kacang Bawang Renyah dan Gurih

Resep Kacang Bawang - Siapa sih yang tidak tahu kacang bawang? pasti semuanya sudah pada tahu iya kan?. Makanan atau boleh dikatakan cemilan ini kerap ada saat hari lebaran. Makanan ini sering dicari oleh anak-anak maupun orang tua yang sedang bertamu untuk bersilaturahmi. Rasanya enak, renyah dan juga gurih memang membuat siapapun suka menyantap makanan ini.

Baca Juga : Resep Cilor Goreng Enak Khas Bandung

Kacang bawang memang enak sekali, dan mantap sekali kalau didampingi dengan minuman dingin / es. Memang ya kalau makan kacang bawang ini dalam jumlah yang banyak kita jadinya pengen minum, haus sekali. Hal ini karena tak lepas karena kacang adalah bahan pangan yang mengandung karbohidrat yang sangat tinggi.

Kacang bawang sendiri kata orang ada yang enak ada juga yang bumbunya sih sudah ok namun kacangnya yang rada kurang enak. Kacang memang hal yang sangat penting dalam pembuatan makanan ini. Jadi memang perlu pintar-pintar dalam memilih kacang yang mau dipakai. Untuk sekedar saran, biasanya sih kacang yang bagus itu punya ukuran besar yang sama serta warna kulit luarnya itu terang.
Resep Kacang Bawang
Ilustrasi Kacang Bawang
Untuk membuat kacang bawang yang renyah, gurih dan enak saat disantap terbilang mudah saja. Hanya saja memang perlu perhatian lebih soal kacang yang harus digunakan. Kalau untuk bahan lainnya sih biasa saja ya. Baiklah berikut resep dan cara membuat kacang bawang renyah gurih dan enak bagi kalian yang datang ke buletinresep ini.

Baca Juga : Resep Peyek Kacang Tanah Enak dan Renyah

Resep Kacang Bawang

Bahan-bahan:
  • 1 kg kacang tanah yang sudah dikupas
  • 1/2 liter santan kelapa ( bisa peras sendiri / instan )
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus :
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok makan garam dapur 
Pelengkap :
  • 10 siung bawang putih, iris-iris tipis dan goreng sampai garing
Cara membuat kacang bawang renyah dan gurih yaitu :
  1. Langkah pertama, masukkan santan kelapa bersama dengan bumbu halus ke dalam panci. Nyalakan api kemudian masak hingga mendidih. Matikan api, lalu masukkan kacang tanah ke rebusan santan. Biarkan saja sampai bumbu & santan meresap ke kacang dan santannya menjadi dingin.
  2. Jika sudah dingin, angkat kacang tanah dari santan, lalu tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng cukup banyak. Setelah panas, masukkan kacang tanah dan goreng kacang sambil diaduk aduk sampai matang.
  4. Angkat dan tiriskan dari minyak. Agar tidak berminyak sebaiknya beri alas kacang bawang yang sudah matang dengan lapisan tisu atau bahan lain yang mudah meyerap minyak.
  5. Biar lebih gurih lagi tambahkan taburan bawang goreng.
  6. Kacang bawang pun siap di nikmati atau bisa disimpan di dalam topless.