Minggu, 18 September 2016

Resep Cilor Goreng Enak Khas Bandung

Resep Cilor - Ternyata tak hanya ada cilok dan juga batagor saja, kota bandung ternyata masih menyimpan jajanan enak lainnya yang perlu untuk diketahui. Salah satunya adalah jajanan yang disebut cilor. Namanya memang unik ya kalau kita dengar?. Cilor sendiri sebenarnya merupakan sebuah singkatan yang menggambarkan akan makanan enak ini yakni dari kata cimol dan juga telur.

Baca Juga : Resep Batagor Tanpa Ikan Enak dan Sederhana

Cimol merupakan sebuah olahan yang terbuat dari adonan tepung terigu serta tepung sagu serta bumbu sedap lainnya. Cimol agak mirip dengan cilok namun punya bentuk yang berbeda yakni memanjang. Kalau untuk telur, ya telur pada umumnya namun yang kerap digunakan adalah telur ayam.
Resep Cilor
Ilustrasi Cilor

Cimol banyak dijajakan di pinggiran jalan kota bandung. Jajanan ini banyak disukai tak hanya oleh anak-anak tapi juga orang dewasa. 1 porsi biasanya dijual dengan harga yang relatif terjangkau, bahkan untuk kantong-kantong pelajar. Janan ini paling nikmat jika disantap ditemani dengan minuman dingin macam es teh ataupun es jeruk.

Baca Juga : Resep Cireng Bandung Tanpa Isi Enak

Jajanan ini tak cuma bisa kita beli saja, tapi juga bisa kita buat sendiri di rumah. Ini karena jajanan ini sudah sangat terkenal dan resep pembuatannya pun sudah banyak tersebar. Termasuk ada di buletinresep ini. Baiklah berikut resep dan cara membuat cimol goreng enak dan sederhana khas dari kota bandung untuk kalian.

Resep Cilor

Bahan-bahan :
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung tapioka / kanji
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 3 siung bawang putih, haluskan 
  • 1/2 sendok makan garam dapur
  • 1/4 sendok makan gula pasir
  • Merica / lada bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air bersih secukupnya
Cara membuat cilor  goreng enak dan mudah :
  1. Pertama, rebus air bersih secukupnya. Setelah mendidih, kecilkan api dan jangan di matikan.
  2. Selanjutnya, siapkan 1 buah wadah ukuran sedang. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung sagu, bawang putih halus, garam dapur dan gula pasir. Kemudian aduk-aduk pakai tangan sampai merata.
  3. Setelah itu tuangkan air panas yang kita rebus ke adonan tepung sedikit demi sedikit. Hentikan pemberian air panas, jika dirasa sudah cukup dan tak akan membuat adonan jadi encer. Jangan aduk dulu, biarkan airnya menjadi agak hangat. Baru aduk pakai tangan dan uleni hingga kalis.
  4. Kemudian, bentuk adonan menjadi memanjang ( cimol ). Setelah itu masukkan ke dalam air yang kita rebus sebelumnya dan besarkan apinya lagi.
  5. Rebus cimol selama kurang lebih 15 menitan. Setelah itu matikan api, angkat cilor dari panci dan tiriskan. Setelah dingin, potong-potong cimol sesuai selera.
  6. Panaskan minyak goreng cukup banyak, lalu goreng cimol hingga kering sembari diaduk-aduk. 
  7. Saat hampir matang, masukkan telur ayam kedalam gorengan cimol. Aduk-aduk sampai tercampur merata.
  8. Setelah matang, angkat cilor yang sudah jadi dan siap disantap bersama merica / lada bubuk.