Rabu, 21 September 2016

Resep Bubur Manado Asli dan Sederhana

Resep Bubur Manado - Indonesia memang kaya sekali dengan kuliner yang nikmat. Bahkan di tiap daerah yang ada di tanah air,sebagian besar memiliki kuliner lezat tersendiri atau akrab disebut makanan khas. Salah satunya adalah kota di sulawesi utara yakni manado. Kota yang memiliki sejuta pesona ini punya makanan khas salah satunya bubur manado.

Bubur? bukannya itu makanan yang sudah umum dan bisa didapatkan di seluruh indonesia. Ya itu benar kawan, namun untuk bubur manado ini terbilang istimewa dan beda dengan yang lainnya. Bahan-bahan serta bumbu rempahnya adalah yang biasa dipakai oleh masyrakat manado untuk memasak sehari-hari.

Baca Juga : Resep Nasi Liwet Ikan Teri Enak Khas Sunda

Untuk rasanya jelas enak, soalnya bubur manado ini sangat populer sekali dan banyak orang yang menyukainya. Bubur ini biasanya dimakan sebagi penganti nasi. Untuk sarapan ataupun makan siang bahkan makan malam. Bubur ini tak cuma enak tapi juga menyehatkan karena menggunakan beberapa sayuran hijau di dalam bahan nya.

Resep Bubur Manado
Ilustrasi Bubur Manado
Untuk menikmati bubur manado ini kita bisa langsung beli di warung makan. Tapi bagaimana jika ditempat kita tak ada warung yang menyediakan makanan ini? sedangkan kita sedang ingin sekali makan nya. Jangan kuatir kita bisa buat sendiri dirumah. Caranya cukup mudah. Untuk selengkapnya berikut resep dan cara membuat bubur manado asli dan sederhana buat kalian yang sudah berkunjung ke blog buletinresep ini.

Resep Bubur Manado

Bahan-bahan:
  • 500 gram beras, cuci hingga bersih dengan air
  • 300 gram buah labu kuning, potong
  • 200 gram ubi jalar, kupas kulitnya lalu potong-potong
  • 2 buah jagung, sisir bijinya dan buah tongkolnya
  • 100 gram daun kangkung, cuci bersih
  • 100 gram daun bayam, cuci bersih
  • 100 gram daun melinjo yang masih muda
  • 50 gram daun kemangi, cuci bersih
  • 2 ikat kacang panjang, potong potong saja dengan ukuran kira kira 2 cm
  • 4 sendok teh garam dapur
  • Air bersih secukupnya
Cara membuat bubur manado yaitu :
  1. Langkah pertama, masukkan beras ke dalam panic. Lalu cuci bersih beras dengan air bersih. Cucinya seperti mencuci beras pada umumnya, diremas-remas pakai tangan di ulang-ulang mencucinya. Jika sudah bersih, tiriskan dari air.
  2. Selanjutnya, letakkan panci berisi beras ke atas kompor. Kasih air secukupnya, setidaknya tingginya 3 cm dari tinggi beras. Jika sudah nyalakan api dan masak hingga setengah matang.
  3. Tambahkan jagung, potongan buah labu, dan juga ubi jalar. Aduk-aduk dan masak terus.
  4. Sebelum matang masukkan semua sayuran yang ada seperti kangkung, bayam, melinjo, kacang panjang dan daun kemangi. Tambahkan garam untuk memberikan rasa gurih.
  5. Setelah matang, angkat dan bubur manado siap untuk disajikan.