Jumat, 01 Mei 2015

Resep Asem-Asem Bandeng Khas Lamongan Yang Enak

Resep Asem-Asem Bandeng Khas Lamongan - Merupakan hal wajar kali ya, jika jawa timur disebut-sebut sebagai gudangnya kuliner enak. Pasalnya, hampir seluruh kota di daerah tersebut punya masakan-masakan yang lezat dan juga mantap. Salah satunya ialah kota lamongan. Kota yang punya monumen bernama bandeng lele ini punya sederetan masakan lezat yang rasanya pantas untuk anda semua ketahui. Salah satunya ialah asem-asem bandeng.

Asem-asem bandeng adalah salah satu hidangan yang cukup terkenal di kota lamongan. Rasanya itu enak dengan kombinasi rasa pedas dan juga asam. Dan menariknya, katanya ya hidangan ini cocok banget lho buat mereka yang sedang melakukan diet. Jadi bagi temen-temen yang mungkin sekarang sedang melakukan diet tak ada salahnya lho meyantap masakan ini. Mantep kan masakan ini selain enak tapi juga menyehatkan.

Resep Asem-Asem Bandeng
Asem-Asem Bandeng Khas Lamongan
Tapi meski begitu, kenyataannnya tidak semua orang bisa lho menyantap hidangan ini. Orang yang tidak dibolehkan atau sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini ialah orang-orang yang punya masalah dengan lambungnya. Ini disebabkan karena masakan ini punya rasa asam dan pedas yang didapat dari penggunaan belimbing wuluh dan cabai rawit yang ada dalam bahan-bahan nya.

Tentunya hal ini sangat tidak bagus buat mereka yang punya masalah pada lambungnya. Kalau memaksa untuk menyantap asem-asem bandeng ini, bukannya sehat tapi bisa-bisa malah sakit deh nantinya. Woke.., rasanya sudah cukup ya penjabaran singkat soal masakan ini. Langsung saja lihat resep dan cara pembuatannya bagi temen-temen yang mau mencoba membuta hidangan lezat ini. Silahkan!


Bahan-bahan :
  • 1 kg ikan bandeng segar, cuci bersih dan buang bagian dalamnya lalu potong-potong sesuai selera
  • 5 buah belimbing wuluh, cuci dan potong-potong
  • 7 buah cabe rawit, jangan diris-iris dan biarkan tetap utuh
  • 2 buah tomat ukuran sedang, cuci dan potong-potong
  • 6 buah butir bawang merah, kupas kulitnya dan iris-iris
  • 2 siung bawang putih, kupas kulitnya dan iris-iris
  • 4 cm jahe, cuci bersih, potong menjadi 3 bagian lalu memarkan
  • 4 cm batang lengkuas, memarkan
  • 1 cm kunyit, kupas, bakar lalu memarkan
  • 1 batang serai, ambil bagian dalamnya / yang berwarna putih saja
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 750 ml air 
Cara membuat asem-asem bandeng khas lamongan yakni :
  1. Pertama-tama, ambil ikan bandeng yang telah di potong-potong lalu lumurilah dengan air perasan jeruk nipis dan juga garam. Ini berguna untuk menghilangkan bau lumpur yang sering tercium pada ikan bandeng. Diamkanlah sebentar ya kurang lebih sekitar 4 menitan.
  2. Di sisi lain, siapkanlah wajan atau penggorengan, kasih minyak goreng lalu panaskan. Setelah cukup panas goreng ikan bandengnya setengah matang saja, lalu angkat & tiriskan.
  3. Kemudian siapkan lagi wajan atau penggorengan lalu kasih dengan minyak goreng tapi sedikit saja ya. Lalu setelah panas, tumis bawang merah dan juga bawang putih sampai harum. masukkan juga jahe, kunyit, lengkuas dan juga daun salam. Aduk-aduk biar semuanya tercampur rata.
  4. Selanjutnya, tuang 750 ml air kedalamnya, aduk dan masak sampai mendidih.
  5. Masukkan ikan bandeng yang telah kita goreng setengah matang kedalamnya. Masukkan garam dapur dan juga gula pasir secukupnya. Tambahkan pula potongan tomat dan belimbing wuluh serta cabai rawit. Aduk-aduk dan masak hingga semua bumbu meresap dan matang.
  6. Jadi deh masakan asem-asem ikan bandeng nya dan tinggal di nikmati.
Agar lebih nikmat lagi, anda juga bisa menamburkan bawang goreng ataupun seledri ke dalam hidangan lezat asem-asem ikan bandeng khas lamongan ini. Gimana mudah & nyam..nyam bukan?. Agar anda tahu banyak tentang resep masakan, tak ada salahnya lho jika anda baca juga artikel lainnya di blog  ini, ya misalkan aja artikel mengenai resep gulai udang kentang atau bisa juga mengenai resep tongkol balado. Ok, terima kasih banyak telah membaca dan menyimak artikel ini and selamat untuk mencoba!