Selasa, 07 April 2015

Resep Tongkol Balado Sederhana

Resep Tongkol Balado - Apakah anda termasuk orang-orang yang suka dengan masakan bercita rasa pedas. Hmm.. kalo gitu, rasanya bahasan kita kali ini akan sangat pas dan cocoklah buat anda. Mau tau kenapa? pasalnya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini berhubungan banget dengan yang pedas-pedas. langsung aja kali ya, nih nama masakannya tongkol balado.

Sekedar informasi saja, ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan banyak ditangkap oleh nelayan karena memiliki nilai jual yang relatif tinggi. Selain itu, ikan ini terkenal dengan dagingnya yang berkualitas dengan teksturnya yang padat dan tebal. Dan yang lebih penting adalah rasa dari dagingnya yang enak. Ikan ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat, seperti masakan tongkol balado ini.


Resep Tongkol Balado
Tongkol Balado
Tongkol balado sendiri adalah hidangan yang terbuat dari ikan tongkol yang dimasak dengan campuran bumbu-bumbu sedap dengan rasa pedas sebagai ciri khasnya (balado). Sajian ini biasanya ada di warung atau rumah makan, apalagi rumah makan padang. Masakan ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu masakan andalan dari rumah makan itu.


Bahan-bahan :
  • 500 gram ikan tongkol
  • 2 buah jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu - bumbu :
  • 100 gram cabe merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdt penyedap rasa (ajinomoto / sasa / royco dll )
  • Garam dapur secukupnya
Cara membuat tongkol balado yaitu :
  1.  Langkah pertama, potong dan bersihkan ikan tongkol. Kemudian lumuri dengan perasan air jeruk nipis (1 jeruk ) dan diamkan kurang lebih selama 10 menit. Lalu cuci kembali ikan tongkol nya hingga bersih, tiriskan.
  2. Langkah kedua, ambil ikan tongkol kemudian taburi dengan garam. Lalu panaskan minyak dan goreng ikan hingga matang, kemudian angkat.
  3. Langkah ketiga, buat saus balado. ulek lah cabai merah keriting dan bawang merah hingga halus. Setelah itu panaskan minyak lagi, lalu goreng cabe + bawang merah halus. kasih garam, perasan jeruk nipis ( 1 jeruk ) dan penyedap rasa. Setelah matang, angkat.
  4. Langkah terakhir, taruh ikan tongkol di atas piring saji, lalu lumurilah dengan saus balado. Tongkol balado siap untuk disajikan.
Bacalah artikel resep menarik lainnya di blog ini seperti artikel mengenai resep udang saus padang. Terima kasih banyak sudah berkunjung and selamat untuk mencoba!.