Jumat, 09 Januari 2015

Resep Es Doger Yang Enak dan Segar

Resep Es Doger -  merupakan miunuman dingin yang sangat terkenal dan populer di nusantara. Minuman yang berasal dari bandung jawa barat ini banyak di jajakan di warung -warung bahkan kerap juga terlihat di restoran-restoran.

Es yang identik dengan warna merah ini kerap di jadikan sebagai salah satu hidangan penutup.  Selain bandung, minuman ini juga telah banyak beredar di kota lain seperti jakarta ( betawi ), malang dan bahkan surabaya.

Es doger ini sangat cocok sekali jika di santap bersama keluarga tercinta. Apalagi di kala cuaca panas sedang menerpa, es ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Selain sangat menyegarkan, es ini juga bisa memiliki rasa yang cita rasa enak dan mantap di lidah.

Es ini sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di warung ataupun pasar. Dan tidak hanya itu, untuk bisa merasakan kelezatannya, kita bisa pun hanya pelu membeli di warung / restoran.

Resep Es Doger
Es Doger
Selain cara instan yakni membeli, kita juga bisa lho mencoba membuatnya sendiri di rumah. Baik itu untuk sekedar coba-coba maupun untuk berkreasi menambah pengetahuan serta ketrampilan. Untuk itu telah kami sediakan resep es doger yang enak dengan cara pembuatannya yang mudah, silahkan disimak!.


Bahan -bahan yang di butuhkan :
  • 1 liter santan kelapa
  • 250 gram gula pasir
  • 350 gram serutan kelapa muda
  • Sirup warna merah secukupnya
Bahan pelengkapnya :
  • 150 gram tape singkong, potong kecil-kecil
  • 150 gram tape hitam kukus
  • 100 gram pacar cina matang
  • Susu kental manis secukupnya ( boleh coklat maupun putih )
Cara membuat es doger yang enak yakni :
  1. Pertama-tama, rebus santan kelapa beserta gula pasir sampai mendidih. Setelah itu, tambahkan sirup merah lalu aduk rata. Angkat dan sisihkan dahulu biar dingin.
  2. Kemudian ambil dan simpan ke dalam lemari es ( frezzer ) hingga agak membeku.
  3. Setelah itu keluarkan es santan dan keruk-keruk , lalu kocok dengan menggunakan mixer. Lakukan beberapa kali agar teksturnya nya menjadi lebih halus. Jangan lupa, sebelum selesai campurkan serutan kelapa kedalamnya dan aduk hingga rata.
  4. Langkah berikutnya, tinggal menyajikan caranya yakni : Ambil gelas saji, lalu masukkan tape singkong, pacar cina dan juga tape hitam serta es santan tadi kedalamnya.
  5. Setelah itu tuangi dengan susu kental manis & Es doger pun siap untuk di nikmati.
Jangan lupa baca juga artikel mengenai resep es teler 77 yang enak. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!.