Senin, 12 Januari 2015

Resep Terong Siram Jamur Pedas Yang Lezat

Resep Terong Siram Jamur Pedas - apakah anda termasuk orang yang suka dengan sayuran? terutama terong?. Kalau begitu mungkin masakan kali akan cocok dengan selera anda. Mengapa? ya, soalnya masakan terong satu ini tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat tapi juga gampang untuk membuatnya. Tidak hanya itu saja, bahannya pun mudah sekali di temukan dan mengenai harganya pun juga sangat terjangkau.

Apakah itu? terong siram jamur pedas, begitulah masakan ini di sebut. masakan yang identik dengan rasa pedas ini menggunakan bahan utama berupa terong warna ungu, jamur, cabe merah serta berbagai campuran bumbu-bumbu yang kebanyakan kerap kita jumpai di dapur. Masakan sederhana ini selain lezat juga bisa menyehatkan lho. Lihat saja, dari bahan-bahan pembuatnya salah satunya terong ungu.

Kita semua tahu jika dalam beberapa penelitian, sayuran berbentuk bulat memanjang ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Dari mulai kalsium, vitamin K, mineral, serat dan bioflavonoid. Atau sederhana nya si terong ungu ini sangat baik sekali untuk menjaga daya tahan tubuh serta kondisi tubuh kita.

Bahan lain yang juga sangat bermanfaat yakni jamur merang. Jamur merang ternyata memiliki berbagai kandungan gizi yang lengkap serta dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan juga diklaim mampu untuk mencegah kanker.

Resep Terong Siram Jamur Pedas
Terong Siram Jamur Pedas

Sumber picture : sajiansedap.com

Dengan melihat berbagai manfaat dari bahan-bahan yang terdapat pada masakan terong siram jamur rasa pedas ini, bisa di simpulkan jika masakan ini merupakan salah satu masakan yang cocok untuk di konsumsi sehari-hari. Untuk tahu bagaimanakah cara membuat masakan terong ini dengan benar, telah kami sediakan resep beserta cara membuatnya yang mudah untuk anda semua pahami, silahkan disimak baik-baik!.


Bahan utama :
  • 3 buah terong warna ungu, cuci bersih lalu belah memanjang ( 1 terong belah 2 bagian ), kemudian bakar hingga empuk dan matang
Bahan jamur pedas untuk siraman :
  • 50 gram jamur merang, cuci bersih dan iris menjadi 2 bagian
  • 8 siung bawang merah, haluskan
  • 5 buah cabai merah, haluskan
  • 1 buah tomat segar, cuci & iris-iris
  • 10 butir telur puyuh, rebus dan kupas kulitnya
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 150 ml air putih
  • 1/4 sdm minyak goreng untuk menumis
Cara membuat terong siram jamur pedas yakni :
  1. Pertama-tama, siapkanlah wajan / penggorengan lalu kasih minyak goreng.  Setelah agak panas, masukkan bawang merah halus dan cabai halus lalu tumis hingga harum.
  2. Setelah itu, masukkan irisan tomat dan aduk-aduk hingga teksturnya layu.
  3. Kemudian, tambahkan jamur merang dan telur puyuh. Masukkan juga merica, gula pasir dan juga garam, aduklah rata.
  4. Selanjutnya, kasih air putih. Aduk-aduk terus hingga semua bumbu dan bahan tercampur rata. Dan sebaiknya, gunakan api yang agak kecil supaya matangnya merata dan tidak gosong. Setelah matang, angkat jamur pedasnya.
  5. Setelah semuanya lengkap tinggal menyajikan saja, caranya yakni ambil piring saji. Lalu taruh terong bakar diatasnya, kemudian siram dengan jamur pedas tadi. Dan terong siram jamur pedas pun siap untuk dinikmati.
Gimana? cukup mudah kan resep membuat terong siram jamur pedasnya. Oh ya, resep ini sebenarnya untuk 4 porsi / orang, jadi anggota keluarga maupun teman anda bisa sama-sama merasakan nikmatnya masakan berbahan terong ini. Jangan lupa juga untuk membaca artikel resep yang menarik lainnya, seperti resep tumis kangkung yang enak dan sederhana . Selamat berkreasi ria & semoga bisa berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan!.