Minggu, 06 November 2016

Resep Acar Timun Mentah Pakai Nanas dan Wortel Enak

Resep Acar Timun - Setiap orang tentu ingin waktu makannya menjadi benar-benar nikmat. Makanya tak heran kalau saat makan orang biasanya itu tak cukup nasi sama lauk plus minum, namun ada beberapa makanan pelengkap. Salah satu diantara makanan yang jadi pelengkap adalah acar timun atau mentimun.

Acar mentimun biasanya ada saat acara besar misalkan saja idul adha dan dimakan bersama empal daging. Namun acar ini terkadang dimakan juga di hari-hari biasa. Makanan ini juga seringkali ada di nasi kotak katering. Rasanya sendiri asam-asam namun terasa segar. Juga ada rasa pedas karena memang menggunakan cabai rawit.

Baca Juga : Resep Sayur Besan Betawi Enak

Untuk membuat acar timun ini sendiri terbilang sederhana, apalagi memang tak perlu metode masak apapun seperti di rebus ataupun di goreng. Semua bahan yang ada masih mentah dan segar sehingga kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya masih utuh. Kalau kita konsumsi acar timun ini pastinya bik untuk tubuh.

Resep Acar Timun
Ilustrasi Acar Timun
Kemudian kalau untuk bahan sendiri itu mudah ditemukan dan dicari. Di pasar ataupun supermarket biasanya ya, bahan tersebut sering ada. Oh  ya, sedikit tips buat kalian, saat mengolah sayur dan bahannya sebaiknya di cuci bersih dengan air, kalau mau bisa juga pakai sabun yang memang khusus untuk mencuci sayur dan buah.

Baca Juga : Resep Karedok Sunda Enak Spesial

Ini dilakukan untuk menghindari zat berbahaya, misalkan pestisida karena memang membuat acar timun ini tak dimasak alias masih kondisi mentah. Baiklah kalau para bunda semuanya ingin membuat acar timun ini untuk keluarga tercinta ataupun untuk keperluan bisnis, berikut informasi resep dan cara membuat acar timun ini khusus buat kalian semuanya.

Resep Acar Timun 

Bahan-bahan :
  • 6 buah timun segar
  • 400 gram buah nanas segar
  • 300 gram wortel
  • 300 ml air matang
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 20 buah cabai rawit hijau
  • 20 butir bawang merah
Bumbu :
  • 4 sendok makan cuka
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam dapur
 Cara membuat acar timun mentah pakai wortel dan nanas yakni:
  1. Pertama-tama belah mentimun menjadi 2, kemudian buang bijinya. Jika sudah potong-potong saja dengan bentuk kotak atau dadu. Kalau tak suka bentuk kotak bisa dengan bentuk lainnya seperti memanjang, pokoknya sesuai dengan selera saja.
  2. Selanjutnya kupas buah nanas dan juga wortel. Lalu potong-potong kotak/dadu atau sesuai selera. Iris-iris juga bawang merah sesuai selera.
  3. Ambil satu buah wadah, lalu masukkan potongan mentimun, nanas, wortel dan irisan bawang merah. Kemudian masukkan air cuka, gula pasir dan garam dapur. Lalu aduk-aduk sampai rata.
  4. Masukkan cabai rawit merah dan hijau secara utuh. Tuangkan air matang lalu aduk kembali sampai rata. 
  5. Tutup bagian atas wadah, lalu masukkan acar timun ke dalam kulkas. Diamkan beberapa saat sampai dingin. 
  6. Acar timun pun siap dinikmati dalam kondisi segar ( dingin ).
Demikian resep dan cara membuat acar timun mentah pakai nanas dan wortel yang enak sekali dan menyegarkan. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel resep lainnya di buletinresep ini, selamat memasak...!.