Senin, 07 November 2016

Cara Membuat Kopi Hijau Sendiri di Rumah

Resep Kopi Hijau - Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di indonesia. Rasanya minuman ini akrab sekali dengan masyarakat indonesia. Bahkan bisa dikatakan minuman ini tak bisa pisah dengan kehidupan orang indonesia. Sebagai minuman kopi sangat mudahnya bisa kita jumpai. Di warung-warung kecil pinggir jalan hingga pertokoan bahkan supermarket besar banyak yang menjual kopi ini.

Bicara mengenai kopi, tahukah kalian jika ternyata kopi itu tak cuma warna hitam saja seperti yang sering kita lihat. Ada juga yang warnanya itu hijau. Ya kopi hijau, kopi ini saat ini bisa dikatakan lagi booming sekali. Kopi ini sebenarnya merupakan biji kopi muda yang mana tidak melalui proses pemanggangan, jadi warnanya masih original yakni hijau. Kalau yang warna hitam itu kan melalui proses pemanggangan.

Baca Juga : Resep Wedang Bandrek Susu Hangat dan Nikmat

Kalau dibandingkan dengan kopi hitam, kopi hijau ini bisa dikatakan lebih menyehatkan. Soalnya ya tadi, jenis kopi ini tak melalui tahap pemanggangan ( roasted ) jadinya senyawa yang ada masih benar-benar utuh dan juga alami. Sedangkan kalau yang kopi hitam senyawanya itu banyak hilang karena proses pemanggangan.

Gambar Resep Kopi Hijau
Ilustrasi Kopi Hijau
 Senyawa yang terkandung dalam kopi salah satunya adalah Chlorogenic Acid. Senyawa ini sangat baik sekali bagi tubuh. Manfaatnya sendiri meliputi bisa membakar lemak, lalu bisa meningkatkan pembentukan energi dalam tubuh dan bisa juga untuk mengatasi kolesterol. Di kopi hijau karena masih alami tanpa roasted memiliki kandungan Chlorogenic Acid yang sangat tinggi. Bahkan kalau dibandingkan sama kopi hitam hingga 3 x lipatnya kawan.

Karena punya kandungan Chlorogenic Acid yang sangat tinggi inilah , maka kopi hijau kerap dikonsumsi. Selain buat menjaga kesehatan tubuh, minum kopi hijau ini juga dipakai untuk menurunkan berat badan karena bisa membakar lemak secara alami. Tak lagi perlu repot menahan lapar ataupun olahraga keras, dengan minum kopi hijau ini berat badan bisa diturunkan dengan lancar dan menyenangkan.

Baca Juga : Resep Wedang Uwuh Enak Khas Yogyakarta

Bagi mereka yang ingin mengkonsumsi kopi hijau ini, kita bisa membelinya di toko atau supermarket yang menjual kopi jenis ini. Usahakan untuk membeli kopi hijau yang 100% asli supaya manfaat yang diinginkan bisa dirasakan oleh tubuh. Dan hati-hati saja karena terkadang ada juga kopi hijau yang tidak 100% asli.

Biasanya sih kalau kita beli itu sudah berbentuk bubuk jadi kita tinggal menyeduh dan meminumnya saja. Kalau mau tahu bagaimana resep dan cara membuat alias menyeduh kopi hijau ini berikut informasinya.

Resep Kopi Hijau

Bahan-bahan:
  • 150 ml air panas
  • 2 sendok makan kopi hijau bubuk ( Green Coffee Bean Extract )
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • Gula pasir secukupnya / sesuai selera ( opsional ). Kalau tujuannya untuk diet sebaiknya tak perlu menggunakannya.
  • Creamer secukupnya / sesuai selera ( opsional ). Kalau tujuannya untuk diet sebaiknya tak perlu menggunakannya.
Cara membuat kopi hijau sendiri di rumah:
  1. Langkah pertama masukkan air panas kedalam cangkir ataupun gelas. 
  2. Kemudian tambahkan kopi hijau beserta kayu manis bubuk. Aduk-aduk dan sudah siap dikonsumsi kalau tujuannya itu buat diet.
  3. Nah kalau buat minum biasanya, bisa tambahkan gula pasir dan juga creamer secukupnya.
  4. Aduk-aduk lagi siap deh kopi hijau. Minum selagi hangat biar tambah nikmat.
Jika bermaksud membuat kopi hijau ini untuk diet, seperti yang sudah tertulis di resep kopi hijau tadi sebaiknya tak perlu memakai gula pasir dan juga creamer. Hal ini supaya hasilnya bisa maksimal. Nah kalau cuma buat konsumsi biasanya ditambah gula pasir dan creamer boleh-boleh saja. Apalagi memang membuat rasa kopi hijau ini makin segar dan nikmat. Sampai jumpa lagi di artikel resep di blog buletinresep ini.