Selasa, 24 November 2015

Resep Pisang Goreng Pasir Crispy dan Renyah

Resep Pisang Goreng Pasir - Jika bicara soal pisang goreng, saya yakin kalian pasti sudah tahu makanan apa itu. Bahkan mungkin dari kalian malah ada yang suka sekali alias doyan sama jajanan ini. Tapi tahukah kalian jika ada satu kreasi dari gorengan ini yang bisa dikatakan unik. Namanya adalah pisang goreng pasir.

Mendengar nama "pasir", pasti jadinya rada bingungkan?. Masak pasir dijadikan sebagai bahan makanan. Apa tidak salah itu? bukannya malah kenyang, bisa-bisa malah berakhir di rumah sakit itu. Tapi tunggu dulu kawan, pasir disini ternyata cuma nama saja kok. Sama sekali tak dijadikan salah satu bahan dalam makanan ini.

Resep Pisang Goreng Pasir
Pisang Goreng Pasir
Pemberian nama pasir sendiri sebenarnya mengacu pada tampilan gorengan ini yang mana tepungnya garing dan mirip dengan butiran-butiran pasir. Makanya gorengan satu ini dinamakan oleh orang-orang dengan sebutan pisang goreng pasir. Makanan ini ketika digigit renyah dan rasanya enak sekali, mantap lah pokoknya.

Bagaimana ingin tahu seperti apa rasanya pisang goreng ini?. Tak perlu repot membeli, cukup kita buat sendiri saja dirumah. Untuk resep dan cara membuatnya silahkan simak saja di bawah ini!.



Bahan utama:
  • 15 buah pisang kepok yang sudah matang, kupas kulitnya.
  • 250 gram tepung roti / tepung panir.
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan celupan :
  • 200 gram tepung fried chicken / ayam crispy
  • 200 air bersih matang
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 4 sendok makan susu bubuk (boleh yang putih ataupun coklat).
Cara membuat pisang goreng pasir yaitu:
  1. Siapkan 1 buah wadah, lalu masukkan semua bahan celupan dan campur menjadi satu, sisihkan.
  2. Belah tiap-tiap pisang kepok menjadi 2 bagian. Tapi ingat membelahnya jangan sampai putus. Kemudian setiap pisang tekan supaya melebar dan menyerupai kipas.
  3. Ambil pisang lalu gulingkan pada tepung roti / panir. 
  4. Selanjutnya, celupkan pisang pada bahan / adonan celupan.
  5. Panaskan minyak cukup banyak. Setelah benar-benar panas, masukkan pisang dan goreng hingga matang dan warnanya menjadi kekuningan.
  6. Angkat dan siap untuk disajikan.
Baca juga mengenai resep pisang goreng keju serta resep pisang goreng enak dan renyah.