Senin, 03 Agustus 2015

Resep Steak Ayam Saus Teriyaki Enak dan Sederhana

Resep Steak Ayam Saus Teriyaki - Setelah di artikel yang sebelumnya, sudah kita bahas mengenai resep steak tempe sederhana yang enak. Maka untuk kali ini kita akan membahas steak yang menggunakan daging sungguhan (bukan tempe). Dan kebetulan daging yang digunakan adalah daging ayam. Yup, steak ayam lah tepatnya masakan kita bicarakan kali ini.

Namun tak sembarangan steak ayam ya, melainkan yang pakai saus teriyaki alias steak ayam saus teriyaki. Masakan ini sendiri sebenarnya sudah tak asing lagi ditelinga kita, pasalnya masakan ini sudah lama masuk ke negara kita indonesia. Kalau gak percaya? lihat saja sekarang sudah banyak sekali tempat yang menjual hidangan ini. Khusunya direstoran dan juga rumah makan mewah, pastinya hidangan ini selalu masuk dalam daftar menunya.

Resep Steak Ayam Saus Teriyaki
Steak Ayam Saus Teriyaki
Steak ayam saus teriyaki ini bisa dibilang istimewa lho temen-temen, mengapa? soalnya masakan ini merupakan hasil kombinasi dari 2 wilayah yang berbeda yaitu eropa dan jepang. Steak merupakan hidangan khas eropa, sedangkan saus teriyaki merupakan bumbu khas jepang.

Baiklah, rasanya sudah ya bincang-bincangnya, langsung saja kita lihat resep dan cara pembuatannya yang sederhana di bawah ini. Siapa tahu dari temen-temen ada yang tertarik bahkan penasaran gimana caranya untuk membuat masakan yang enak ini.


Bahan utama nya:
  • 400 gram fillet dada ayam, bagi menjadi 3 bagian
Bahan untuk olesan nya:
  • 3 sendok margarin, panaskan hingga mencair
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saus teriyaki
  • Garam dapur secukupnya
Bahan untuk saus nya:
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 3 sendok makan saus teriyaki
  • 2 sendok makan margarin
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 75 ml air kaldu
 Cara membuat steak ayam saus teriyaki yaitu:
  1. Langkah pertama kita buat sausnya terlebih dahulu. Caranya : panaskan margarin, setelah mencair masukkan bawang putih. Lalu tumis bawang putih tersebut sampai baunya harum. Setelah itu, tambahkan saus tomat, saus teriyaki, merica bubuk dan air kaldu. Aduk-aduk supaya rata dan masaklah sampai mendidih dan mengental. Lalu angkat dan dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Langkah kedua kita buat olesan untuk dada ayamnya, caranya : ambil sebuah wadah lalu masukkan margarin cair, kecap asin, saus teriyaki, merica bubuk dan garam. Aduk-aduk biar semuanya tercampur rata. Setelah itu ambil dada ayamnya, lalu lumuri dengan bumbu tadi sampai merata. Diamkan sebentar supaya bumbunya meresap. Ya, kurang lebih 10 menitan. Setelah 10 menit, ambil dada ayamnya lalu panggang sampai matang. Ketika memanggangnya, jangan lupa untuk sesekali olesi lagi dengan sisa bumbu oles nya. Ini supaya bumbunya benar-benar meresap ke dalam daging ayamnya.
  3. Setelah semuanya ok, tinggal disajikan saja. Untuk caranya mudah saja tinggal ambil piring saji, lalu taruh ayam panggang diatasnya kemudian lumuri dengan saus teriyaki nya. Dan selesai deh, steak ayam saus teriyaki siap untuk disantap.
Note : untuk 3 porsi

Baca juga artikel resep lainnya yang sudah disediakan di blog ini, seperti tentang resep ayam asam manis serta resep opor ayam putih spesial lebaran yang pastinya enak. Baiklah, terima kasih banyak sudah berkunjung dan selamat untuk mencoba resep ini.