Kamis, 11 Juni 2015

Resep Kue Sagon Kelapa Yang Garing dan Renyah

Resep Kue Sagon Kelapa - Di hari lebaran, kita pastinya pergi berkunjung ke sanak family dan saudara -saudara kita. Terutama pergi berkunjung ke rumah nenek ataupun kakek kita. Selain untuk berbagi kebahagian, hal ini juga dimaksudkan untuk semakin meningkatkan tali silaturrahim diantara kita.

Nah di rumah nenek ataupun kakek, biasanya nya ada banyak tuh kue tradisional yang enak-enak. Dan salah satunya ialah kue sagon kelapa. Kue ini memang khas banget dan kerap dijadikan sajian saat lebaran.

Kue sagon kelapa ini terbuat dari bahan-bahan yang cukup simple dan sederhana. Bahan utamanya ialah kelapa parut yang telah disangrai yang dan tepung ketan. Memasak kue ini dengan cara di oven, jadi tak perlu repot-repot dan hanya perlu menentukan waktu dan suhu kemudian di tunggu deh sampai matang.

Kue yang punya rasa garing dan renyah ini biasanya bentuknya macam-macam, ada oval, kotak dan lainnya. Alasannya tidak lain supaya tampilannya lebih menarik dan membuat yang melihat tertarik untuk memakannya. Dan biasanya saat menyantap kue ini ditemani dengan teh atau kopi. Ya katanya sih biar tambah nikmat rasanya.

Resep Kue Sagon Kelapa
Kue Sagon Kelapa

Kue ini sekarang mungkin bisa dibilang cukup langka, mengingat sekarang sudah banyak beredar kue-kue modern yang lebih enak dan menarik, dan juga pembuatnya kini sudah sedikit dan telah beralih pada kue-kue yang lebih modern.

Toko-toko kue pun rasanya sedikit yang menyediakan kue ini dalam daftar dagangannya. Namun meski begitu jangan kuatir dulu, jika kita tak bisa beli ya tinggal buat saja sendiri. Untuk resep dan cara pembuatan kue sagon kelapa ini sudah tersedia kok dibawah ini.


Bahan-bahan:
  • 300 gram kelapa parut
  • 250 gram tepung ketan
  • 175 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam dapur
  • 50 ml air
Cara membuat kue sagon kelapa yaitu:
  1. Langkah pertama, sangrai kelapa parut sampai kering.
  2. Langkah berikutnya, ambil wadah lalu masukkan bahan-bahan seperti tepung ketan, gula pasir dan kelapa parut sangrai tadi kedalamnya. Tuangkan air sedikit demi sedikit kedalam adonan lalu aduk & campur sampai merata.
  3. Selanjutnya, ambil 1 sendok makan dari adonan tersebut. lalu masukkan kedalam cetakan kue sagon dengan bentuk sesuai selera (boleh kotak ataupun oval atau yang lainnya), kemudian padatkan setebal 1 cm.
  4. Keluarkan adonan dari cetakannya, lalu taruh diatas loyang yang sebelumnya telah dikasih margarin Margarin di oleskan ke loyang agar nantinya, hasilnya tidak lengket atau menempel di loyangnya temen-temen.
  5. Masukkan loyang tadi ke dalam oven lalu panggang kurang lebih selama 25 menit dengan suhu sekitar 150 derajat celcius sampai kering dan matang.
  6. Ambil kue sagon dari oven, lalu biarkan dulu saja biar dingin. Setelah itu baru deh kemudian siap untuk dinikmati langsung ataupun disimpan di wadah ataupun toples.
Demikianlah ulasan mengenai resep dan juga cara bagaimana untuk membuat kue tradisional yakni sagon kelapa yang enak. Baca juga artikel berikutnya yang pastinya juga menarik untuk diketahui seperti resep brownies kukus amanda dan resep donat kentang spesial. Terima kasih atas kunjungan temen-temen di blog  ini, selamat mencoba dan semoga berhasil serta hasilnya sesuai dengan yang temen-temen semua harapkan.