Rabu, 13 Mei 2015

Resep Telur Balado Padang Yang Enak

Resep Telur Balado - adalah resep yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini. Dan untuk temen-temen yang suka alias doyan dengan masakan yang pedas, pastinya ini akan sangat cocok sekali buat kalian. Masakan ini memiliki cita rasa yang enak tapi lebih identik dengan rasa yang pedas. Rasa pedas yang ada berasal dari pemakaian bumbu balado yang aslinya berasal dari salah satu kota di indonesia yaitu padang.
Telur yang digunakan pada masakan ini sendiri, bisa telur ayam, bebek atau puyuh. Masakan ini bisa dijadikan sebagai pilihan kalau-kalau rasa bosan itu datang saat memakan masakan yang mungkin sama terus.

Resep telur balado ini termasuk sebagai resep yang terbilang sederhana dan sangat mudah untuk dipraktekkan. Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya pun juga relatif sebentar. Di tambah dengan bahan-bahan yang mudah sekali untuk di dapatkan, tentunya siapapun bisa untuk membuat masakan ini. Oh ya, yang perlu anda semua tahu, sekalipun masakan ini terbilang mudah dan sederhana, namun pada kenyataannya sajian ini memiliki banyak sekali gizi dan juga manfaat bagi tubuh kita.

Resep Telur Balado
Telur Balado
Masakan telur balado ini terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasi yang hangat dan di dampingi dengan minuman yang dingin alias menyegarkan. Apalagi jika menyantapnya bersama dengan keluarga tercinta, hmmm.. rasanya semakin makyuss abis. Baiklah, berikut ini ada resep serta cara pembuatan dari masakan yang enak ini jika anda-anda tertarik untuk membuatnya!



Resep Telur Balado

Bahan-bahan:
  • 6 butir telur ayam, rebus hingga matang dan kupas kulitnya
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 buah tomat, cuci bersih dan iris-iris
  • 300 ml air
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • Garam dapur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1/4 sendok makan kaldu ayam
Bumbu halus:
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 15 cabai rawit merah
Cara membuat telur balado yakni:
  1. Pertama-tama, siapkan wajan atau penggorengan lalu kasih minyak dan panaskan. Setelah agak panas masukkan telur ayam rebus dan goreng sebentar hingga lapisan kulitnya agak kering dan coklat. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Langkah berikutnya, kurangi minyak yang ada di wajan / penggorengan tadi, lalu panaskan kembali. Masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis. Setelah beberapa saat, masukkan daun jeruk.
  3. Tambahkan kedalamnya garam dapur, gula pasir, kaldu ayam dan juga air. Aduk-aduk biar semua bahan tercampur merata.
  4. Setelah itu, masukkan irisan tomat dan terakhir telur ayam rebus yang telah digoreng tadi.
  5. Aduk-aduk biar semua rata dan bumbu meresap kedalam telurnya.
  6. Masak terus sampai air nya menyusut tanda sudah matang.
Kurang lebih seperti itulah resep beserta cara membuat masakan telur balado padang yang enak ini. Oh ya, jika anda kurang suka dengan telur ayam, anda bisa menggantinya kok dengan telur lain seperti telur puyuh ataupun telur bebek. Dan

Baca juga artikel lain di blog ini, seperti yang mengenai resep kaki ayam tulang lunak atau pun resep ayam goreng wijen.  Terima kasih banyak dan selamat mencoba dan berkreasi.