Selasa, 26 Mei 2015

Resep Bolu Pisang Kukus Sederhana Yang Enak

Resep Bolu Pisang Kukus - adalah salah satu varian dari hidangan kue bolu. Yang membedakan kue ini dibandingkan dengan kue bolu lainnya ialah terletak pada penggunaan buah pisang dalam pembuatannya. Buah pisang yang digunakan bisa pisang apa saja. Tapi yang lebih populer adalah dari pisang jenis raja dan juga ambon. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki teksturnya yang bagus serta memiliki rasa yang manis.

Kue bolu pisang kukus sebenarnya telah banyak dijajakan di warung maupun toko-toko kue. Dengan harga yang cukup terjangkau tentunya. Kue ini kerap dijadikan sebagai teman pelengkap yang cocok saat sedang bercengkrama dengan teman ataupun dengan keluarga. Kemudian, dengan teksturnya yang lembut ditambah dengan rasanya yang enak, kue ini kerap diburu oleh para penikmat kuliner.

Resep Bolu Pisang Kukus
Bolu Pisang Kukus
Mungkin kita sering berpikir jika membuat kue bolu itu susah. Apalagi yang telah dikombinasikan dengan bahan lain. Tapi meskipun begitu, temen-temen tak perlu khawatir, pasalnya untuk kue bolu pisang kukus ini terbilang mudah untuk membuatnya. Tak percaya? ya tinggal ikuti resep serta petunjuk cara pembuatannya yang telah saya sediakan dibawah ini.


Bahan-bahan:
  • 6 buah pisang yang sudah matang (boleh pisang raja, ambon ataupun yang lainnya), kupas kulitnya
  • 4 butir telur ayam
  • 200 gram tepung terigu yang telah disaring
  • 40 gram coklat bubuk / halus
  • 6 sdm mentega, cairkan dengan cara dipanaskan
  • 4 sendok teh vanilla bubuk
  • 2 sendok teh baking powder
  • 200 gram gula pasir
  • 2 sendok teh garam
Cara membuat bolu pisang kukus yang enak dan mudah yaitu:
  1. Pertama-tama, haluskan pisang yang telah dipersiapkan tadi dengan menggunakan sendok atau garpu. Atau jika ingin lebih cepat bisa menggunakan blender. Setelah pisangnya halus, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Berikutnya, ambil wadah yang ukurannya cukup besar lalu masukkan gula pasir. Campurkan telur satu persatu kedalamnya sambil terus dikocok. Kocok terus hingga tercampur rata dan mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan garam, lalu aduk-aduk.
  4. Masukkan baking powder dan vanilla bubuk, aduk-aduk lagi.
  5. Kemudian, masukkan pisang yang telah dihaluskan ke dalamnya, aduk-aduk.
  6. Tambahkan mentega cair, lalu aduk-aduk sampai semuanya tercampur merata.
  7. Siapkan loyang yang sebelumnya telah diolesi dengan mentega,lalu tuang adonan tadi kedalamnya.
  8. Kukus dengan menggunakan api yang kecil sampai matang.
Gimana temen-temen, gampang dan mudah kan untuk membuat hidangan kue bolu pisang kukus yang enak ini?. Oh ya, agar tampilannya lebih menarik lagi, tak ada salahnya jika  temen-temen menghiasi bagian atas kue ini dengan beberapa toping. Misalkan saja seperti coklat cair, parutan keju atau irisan pisang kecil-kecil, pokoknya sesuai dengan selera temen-temen semua.

Pelajari lagi beragam resep masakan enak dan lezat di blog ini. Dan kalau boleh kasih saran, tak ada salahnya jika temen-temen baca juga artikel tentang resep kue jongkong surabaya. Terima kasih banyak, selamat mencoba dan sampai ketemu di artikel resep berikutnya.