Sabtu, 10 Desember 2016

Resep Kulit Pastel Renyah Tahan Lama

Resep Kulit Pastel  - Bunda semuanya pasti sudah tahu sama makanan yang nama pastel. Apalagi pastel ini kerap tuh dipakai buat acara acara penting seperti hajatan dan lain sebagainya. Bahkan makanan ini juga sering kita temukan sebagai jajanan di pasar pasar. Bentuknya untuk mirip kerang dan rasanya enak saat dimakan. Di dalamnya biasanya di isi dengan berbagai macam bahan. Bisa daging ayam. mie soun, sayuran dan lain lain.

Baca Juga : Resep Pastel Goreng

Pastel ini enak sekali apalagi kalau dimakan dengan pelengkapnya yakni cabai rawit hijau. Saat digigit rasanya empuk namun juga renyah. Kerenyahannya sendiri berasal dari kulit pastelnya. Ngomong-ngomong kalian tahu tidak sih bagaimana cara buat kulit pastel? kalau belum tak perlu kuatir karena pas sekali karena buletinresep kali ini sedang ngomongin kulit pastel.

Resep Kulit Pastel
Kulit Pastel
Ditanya bagaimana membuat kulit pastel? apa susah ataukah gampang?. Jawabannya itu susah sush gampang bunda. Hal ini karena beberapa tahapan untuk membuatnya. Yang paling penting itu persiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur dan lain-lain. Setelah semua dicampur tak langsung dipakai namun melewati tahap selanjutnya yakni digiling sampai tipis.

Jangan Lewatkan : Resep Ote Ote 

Setelah tipis lalu dicetak saja. Oh ya untuk cetakannya tak perlu bingung mau beli dimana. Karena saat ini banyak yang jual cetakan kue pastel utamanya di pasar tradisional. Harganya pun terbilang terjangkau karena terbuat dari bahan plastik. Dan ukurannya pun beragam, mulai ukuran kecil sampai besar. Baiklah jika sudah tak sabar mau buat kulit pastel ini, berikut resep dan cara membuat kulit pastel basah yang renyah.

Resep Kulit Pastel 

Bahan - bahan:
  • 1/4 kilogram tepung terigu kualitas bagus
  • 1 butir telur ayam
  • 40 gram margarin
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Peralatan penting:
  • Mangkuk
  • Sendok
  • Cetakan pastel
  • Penggilas kayu
Cara membuat kulit pastel :
  1. Masukkan tepung terigu, margarin serta telur ayam ke dalam mangkuk. Selanjutnya aduk rata pakai sendok.
  2. Tuangkan air bersih sedikit demi sedikit sambil di uleni pakai tangan sampai kalis. Untuk airnya di kira kira saja hingga adonan menjadi kalis. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu encer.
  3. Setelah kalis, ambil adonan dari mangkuk. Lalu taruh saja di papan. Giling adonan pakai penggilas kayu sampai tipis / pipih. 
  4. Jika sudah, ambil cetakan pastel. Lalu masukkan saja adonan & cetak. Kulit pastel pun sudah jadi dan siap untuk digunakan ( diisi ).
  5. Tinggal diisi dengan isin yang kalian inginkan lalu tutup. pastel pun jadi dan siap di goreng. 
Demikian informasi resep kulit pastel renyah tahan lama serta cara membuatnya yang mudah & sederhana. Oh ya bunda, ada tips nih. Kalau bunda mau pastelnya yang jadi nanti renyah gunakanlah minyak yang banyak saat menggorengnya. Usahakan benar benar tenggelam. Hal ini supaya pastelnya tergoreng dengan matang dan sempurna. Jangan lupa untuk baca artikel resep masakan lainya di blog buletinresep.blogspot.com.