Sabtu, 17 Desember 2016

Resep Bubur Ayam Cina Spesial Yang Enak

Resep Bubur Ayam Cina - Apakah kalian termasuk orang yang suka makan bubur ayam? kalau demikian tentunya kalian tahu dengan bubur ayam satu ini. Namanya adalah bubur ayam cina. Seperti layaknya bubur ayam, macam bubur ayam madura, bubur ayam betawi, bubur ayam bandung, bubur ayam jakarta, bubur ayam sukabumi dan bubur ayam lainnya, bubur satu ini punya rasa yang enak dan juga nikmat.

Sesuai dengan namanya, bubur ayam cina bukanlah berasal dari negara kita indonesia. Melainkan datang dari negeri tirai bambu, cina. Meski bukan berasal dari negeri sendiri namun cita rasa kuliner ini bisa diterima dengan baik dengan masyarakat indonesia. Kalau melihat sepintas, bubur ini sama dengan bubur ayam lainnya, namun kalau menengok ke bahan pembuatannya tentunya nuansa oriental jelas terasa di bubur ini.

Baca Juga : Resep Bubur Manado Asli dan Sederhana

Yang di maksud oleh buletinresep disini adalah digunakannya bahan asli cina yakni angciu. Angciu ini aslinya adalah arak cina yang mengandung alkohol. Digunakan dalam masakan ini supaya bisa menghasilkan rasa yang lebih gurih dan juga lezat. Kalau di daerah asalnya mungkin pemakaian angciau ini bisa dikatakan tak apa-apa.

Resep Bubur Ayam Cina
Ilustrasi Bubur Ayam Cina
Namun lain halnya dengan negara indonesia. Dengan mayoritas masyarakatnya adalah muslim, maka bubur ayam cina yang memakai angciau ini secara otomotis haram sehingga tidak terlalu diminati. Wah jadinya orang muslim tak bisa mencicipi bubur ayam cina ini dong? memang, namun tenang dulu.

Orang muslim masih bisa kok menikmati bubur ini, yakni dengan cara mengganti angciau ini sama bahan lain yang dibolehkan ( halal ). Angciau sendiri bisa diganti dengan mencapurkan kecap asin sama air perasan jeruk limau. Nah karena sudah bisa, pasti kalian jadi tertarikkan untuk membuat bubur ayam cina ini. Untuk itu berikut info resep dan cara membuat bubur ayam cina spesial yang enak.

Resep Bubur Ayam Cina

Bahan-bahan:
  • 200 gram beras, cuci berulang hingga bersih
  • 200 gram daging ayam fillet, potong-potong dadu / kotak
  • 1 liter kaldu ayam
  • 1 cm, di memarkan
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 2 sendok teh angciau ( bisa diganti dengan campuran kecap asin + air perasan jeruk limau )
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1 1/2 sendok teh garam dapur 
Bahan pelengkap :
  • 3 lembar kulit pangsit, iris-iris memanjang kemudian goreng sampai matang & kering
  • 2 buah cakwe, iris sesuai selera
  • 1 sendok makan tongcai ( sayuran yang diasinkan, biasanya itu sayur lobak )
  • 2 tangkai seledri, iris iris halus
  • 2 sendok teh kecap asin
Cara membuat bubur ayam cina spesial yang enak :
  1.  Pertama-tama ambil satu buah wadah, mangkuk juga bisa. Kemudian masukkan potongan daging ayam fillet. Tuangkan minyak wijen, kecap asin serta angciau ( bisa diganti dengan larutan campuran kecap asin dan air perasan jeruk limau ). Aduk-aduk sampai merata dan sisihkan dahulu.
  2. Berikutnya masukkan beras yang disiapkan kedalam panci dan air kaldu ayam. Kemudian tambahkan garam dapur dan juga jahe. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga mengental.
  3. Jika sudah, masukkan campuran daging ayam fillet ke rebusan beras. Aduk-aduk dan masak terus sampai mendidih & matang.
  4. Sajikan dan nikmati bubur ayam cina bersama dengan bahan pelengkapnya seperti pangsit, cakwe, tongcai, seledri dan kecap asin.