Blog yang mengulas informasi mengenai berbagai macam resep masakan, mulai dari resep makanan, resep minuman, resep kue dan resep-resep lain yang pastinya enak

Rabu, 27 April 2016

Resep Manisan Pepaya Kering dan Basah Ala Rumahan

Resep Manisan Pepaya - Kalian tau apa itu manisan? pasti pada tahu. Namun yang dimaksud adalah manisan buatan pabrik atau lebih dikenal permen. Melainkan ialah makanan / jajanan yang dibuat dari bahan buah-buahan yang dicampur sama gula sebagai bahan utamanya. Makanan ini sudah lama ada lho teman-teman dan bisa dikategorikan sebagai panganan tempo dulu. Bahkan di buku-buku keluaran tempo dulu, makanan ini sudah banyak di ulas.

Manisan sendiri bisa dibuat dari berbagai macam buah-buahan seperti mangga, salak, bahkan kolang-kaling pun juga bisa diolah jadi makanan ini. Namun untuk kesempatan kali ini kita bakal bahas resep manisan yang terbuat dari buah pepaya. Tidak hanya enak, manisan ini juga sehat mengingat pepaya memang baik untuk tubuh terutama untuk pencernaan.

Manisan pepaya sendiri terbagi dalam 2 versi. Versi pertama ialah kering dan yang kedua adalah basah. Seperti sebutannya, beda antara kedua manisan ini cuma terletak pada ada tidaknya air (gula). Kalau yang kering tanpa adanya air dan yang basah pakai air.

Resep Manisan Pepaya
Ilustrasi Manisan Pepaya
Jika ditanya enakan yang mana? ya hal tersebut sesuai dengan selera masing-masing. Baiklah langsung saja, berikut resep manisan pepaya kering dan basah yang enak ala rumahan alias cocok sekali untuk dibuat di rumah sendiri karena mudah dan sederhana.



Resep Manisan Pepaya Kering

Bahan-bahan:
  • 1 buah pepaya mengkal ukuran besar, kupas kulitnya, buang bijinya kemudian potong-potong sesuai dengan selera
  • 750 gram gula pasir
  • 250 ml air bersih
  • 2 sendok makan garam dapur
  • Larutan air kapur sirih ( dari 2 liter air ditambah sama 1 sendok makan kapur sirih)
 Cara membuat manisan pepaya kering yakni:
  1. Masukkan larutan air kapur sirih ke dalam wadah. Kemudian masukkan potongan pepaya kedalamnya dan rendam selama kurang lebih 1 jam. Lalu angkat cuci dan tiriskan.
  2. Kemudian taburkan sebanyak 250 gram gula pasir ke pepaya yang ditiriskan. Lalu biarkan saja sampai gula itu mencair dan meresap kedalam pepaya. Sisihkan sebentar.
  3. Berikutnya, campurkan air bersih dengan sisa gula tadi ya kurang lebih sebanyak 500 gram. Lalu biarkan sampai mendidih. 
  4. Masukkan pepaya lalu tunggu saja selama kurang lebih 2 jam sampai air gulanya mengental. Matikan api, angkat pepaya dan tiriskan.
  5. Jemur pepaya di bawah matahari sampai kering. Setidaknya 2 - 3 hari.
  6. Setelah kering, manisan pepaya siap dinikmati atau simpan di dalam topless supaya tahan lama.

Resep Manisan Pepaya Basah


Bahan-bahan:
  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1 kg gula pasir
  • Larutan garam ( yang terbuat dari campuran 1 liter air bersih sama 4 sendok makan garam dapur).
  • Larutan kapur sirih ( yang dibuat dari 1 liter air bersih dicampur dengan 3 sendok teh kapur sirih).
Cara membuat pepaya basah yang enak yaitu:
  1. Pertama-tama kupas kulit pepaya, lalu keluarkan semua bijinya lantas potong-potong kecil sesuai selera.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi larutan garam. Rendam sampai pepaya layu, tiriskan.
  3. Selanjutnya, Masukkan kembali potongan pepaya namun kali ini di larutan kapur sirih. Rendam semalaman saja. Jika sudah cuci hingga bersih dengan air.
  4. Taruh potongan pepaya di sebuah wadah. Lalu masukkan 200 gram gula pasir, aduk-aduk kemudian biarkan saja sampai gulanya mencair. Ya setidaknya selama 2 jam. Angkat pepaya dan tiriskan.
  5. Air gula bekas rendaman tadi jangan dibuang. Campurkan dengan 150 gram gula pasir lalu masak sampai mendidih dan mengental. Angkat dan dinginkan.
  6. Tuangkan  larutan gula pada potongan pepaya. Lalu rendam selama semalaman di dalam wadah / topless hingga berair. Tiriskan.
  7.  Manisan pepaya basah siap untuk disajikan dan dinikmati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Manisan Pepaya Kering dan Basah Ala Rumahan