Blog yang mengulas informasi mengenai berbagai macam resep masakan, mulai dari resep makanan, resep minuman, resep kue dan resep-resep lain yang pastinya enak

Selasa, 05 Januari 2016

Resep Sup Ikan Salmon Enak dan Nikmat Banget

Resep Sup Ikan Salmon - Menikmati kesegaran dari masakan sup memang sangat menggiurkan apalagi saat disandingkan dengan nasi yang masih hangat. Di indonesia, banyak sekali pilihan sup yang bisa kita pilih buat menu makan baik, baik buat sendiri maupun saat makan bersama keluarga.
Salah satu diantaranya adalah sup yang berbahan utama daging ikan laut yakni ikan salmon.

Dengan daging yang terbilang tebal dan punya tekstur yang halus serta lembut memang kerap membuat ikan air asin ini dijadikan sebagai masakan enak, termasuk juga sup salmon ini. Sup ini aslinya tak jauh beda kok dengan sup umumnya, ya cuman bedanya bahan utamanya itu ikan salmon sama bumbunya ada yang memang khusus buat masakan berkuah ini.

Resep Sup Ikan Salmon
Sup Ikan Salmon

Kemudian masakan sup ikan ini ternyata tak cuman enak saja, tapi juga sehat dan punya nilai kandungan gizi yang patut untuk diperhitungkan. Bukti simple nya bisa di tengok pada si ikan salmonnya. Sudah bukan rahasia yang umum lagi rasanya, jika ikan laut ini punya segudang manfaat diantaranya sih mampu untuk mengurangi resiko terkena stroke, terus bisa buat meningkatkan pembuluh darah, bagus buat perkembangan otak bayi, bisa menjaga kesehatan jantung dll.

Hebat bukan, itupun belum sama kandungan gizi yang ada pada bahan serta bumbu yang digunakan pada masakan ini. Gimana? cukup menarik kan masakan ini?. Dan meskipun banyak gizinya, masakan ini tak terlalu sulit kok dalam pembuatannya alias mudah. Yang penting harus tahu apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya. Nah karena hal itulah maka kami sudah persiapkan resep dan cara membuat sup ikan salmon ini, khusus buat kalian yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri.



Bahan-bahan:
  • 1 kg ikan salmon segar, buang isi perutnya kemudian cuci bersih lalu potong-potong sesuai selera
  • 200 gram kentang, cuci dan bersihkan dari tanah dan kotoran kemudian potong-potong dadu atau kotak
  • 3 buah tomat segar, potong-potong
  • 2 buah wortel, iris-iris tipis saja
  • 2 batang daun bawang polong, cuci dan iris kasar
  • 2 batang serai, memarkan dengan cara digeprek
  • 2 tangkai seledri, iris-iris halus
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan juga
  • 3 cm kunyit, juga dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk purut, cuci hingga bersih
  • 3 lembar daun salam, cuci bersih
  • 3 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Garam dapur, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang dihaluskan antara lain:
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri yang sudah disangrai sebelumnya
  • 1/2 sendok teh merica halus atau bubuk
Cara membuat sup ikan salmon enak yakni :
  1. Langkah pertama, panaskan sedikit minyak goreng di wajan/penggorengan. Jika sudah panas, masukkan bumbu halus. Aduk-aduk dan tumis sampai harum.
  2. Lalu masukkan serai, kunyit, jahe, daun jeruk purut serta dan daun salam. Aduk-aduk kembali.
  3. Setelah itu, tuangkan air bersih kedalam tumisan bumbu. Biarkan dan masak sampai mendidih.
  4. Kemudian masukkan potongan ikan salmon, kental dan juga wortel kedalam masakan.  
  5. Tambahkan gula pasir, garam dapur serta penyedap rasa. Aduk-aduk sebentar dan masak sampai daging ikannya empuk dan matang.
  6. Sebelum diangkat masukkan potongan tomat, irisan daun bawang polong dan irisan seledri. 
  7. Tunggu sebentar kemudian angkat.
  8. Sajikan dan nikmati selagi hangat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sup Ikan Salmon Enak dan Nikmat Banget