Jumat, 11 Desember 2015

Resep Kue Sarang Semut Enak dan Praktis

Resep Kue Sarang Semut - Bagi kalian yang hobi makan kue, pasti tak asing lagi dengan salah satu kue basah ini. Apalagi rasanya itu enak dan bahkan kue ini kerap menjadi salah satu kue yang dihidangkan ketika hari lebaran tiba. Tak hanya itu saja, kue ini tak jarang juga dijadikan hidangan saat para ibu ibu sedang arisan atau melakukan kegiatan lainnya.

Kue ini memang punya nama yang terbilang unik yakni Sarang semut. Tapi meskipun namanya demikian bukan berarti kue ini dibuat dengan sarang semut sungguhan. Jika sungguhan, bukannya malah enak tapi malah gak akan bakalan bisa dimakan kue ini. Pemberian nama "sarang semut sendiri"didasarkan pada bentuk atau tekstur kue ini, yang mana punya banyak lubang dan menyerupai seperti sarang semut.

Resep Kue Sarang Semut
Ilustrasi Kue Sarang Semut

Jika kalian menginginkan kue basah ini, kalian bisa mendapatkannya dengan mudah. Pasalnya sekarang sudah tersedia banyak toko kue yang menjual kue ini. Tapi jika kalian tak ingin membeli, kalian bisa membuatnya sendiri. Selain lebih hemat, membuat sendiri juga bisa membuat kita semakin pintar dalam memasak. Ok. inilah resep dan cara membuat kue sarang semut ini, silahkan dibaca!.



Bahan-bahan:
  • 250 gram tepung terigu kualitas baik
  • 50 gram tepung tapioka / kanji
  • Susu kental manis coklat frisian flag 200 gram
  • 5 butir telur ayam
  • 100 gram mentega atau margarin
  • 1 sendok teh soda kue
Cara membuat kue sarang semut:
  1.  Siapkan 1 buah wadah ukuran besar. Lalu masukkan mentega serta susu kental manis coklat. Aduk kedua bahan tersebut dengan menggunakan mixer secara memutar.
  2. Masukkan telur ayam 1 persatu kedalam adonan & jangan lupa adonannya masih (tetap) diaduk dengan mixer hingga tercampur merata.
  3. Selanjutnya, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Lalu kemudian masukkan tepung kanji dan juga soda kue. Aduk-aduk terus hingga merata dan adonan menjadi sangat halus. 
  4. Jika sudah tuangkan adonan kedalam cetakan kue sarang semut lalu masukkan ke dalam oven.
  5. Panggang selama kurang lebih 45 menitan dengan menggunakan suhu 200 C.
  6. Keluarkan dari oven, dan kue sarang semut pun siap untuk dinikmati.