Selasa, 16 Juni 2015

Resep Kolak Nangka Yang Enak dan Sederhana

Resep Kolak Nangka - adalah salah satu hidangan yang terbuat dari olahan buah nangka. Hidangan ini sangat enak lho temen-temen apalagi saat musim hujan datang. Soalnya sajian ini biasanya di konsumsi pada saat masih hangat, so ini bisa dijadikan sebagai asupan penghangat tubuh pada saat kondisi yang dingin.

Oh ya, hidangan inipun terkadang juga enak dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Dan kalian jangan heran aja jika hidangan ini banyak sekali yang jual, terutama di pingir-pinggri jalan. Serta banyak sekali nyari terutama saat bulan puasa tiba.

Selain buah nangka, dalam kolak ini juga digunakan buah lainnya yaitu pisang, buah pisang raja tepatnya. Pisang raja dipilih sebagai bahan kolak disebabkan karena rasanya enak dan tekturnya yang terbilang padat. Berbeda dengan pisang lainnya yang jika matang, memang enak tapi teksturnya cenderung lunak alias lembek.

Dengan tektur yang padat, jika dibuat menjadi kolak, pisang raja ini tidak mudah hancur jadinya ya hasil kolaknya menjadi bagus. Oh ya, di kolak nangka ini juga ada kolang-kaling juga, serta bahan-bahan lainnya yang enak dimana kemudian kesemuanya itu di redam dengan menggunakan santan kelapa.

Resep Kolak Nangka
Kolak Nangka
Kolak nangka yang saya bicarakan kali ini bisa dibilang mudah sekali dalam proses pembuatannya. Waktunya pun cukup singkat yakni sekitar 20 menitan saja. Nah, gimana? temen-temen tertarik untuk mencoba membuat hidangan ini sendiri di rumah?. Kalau gitu ikuti saja resep beserta cara membuat kolak nangka yang enak dan sederhana yang sudah tersedia di bawah ini.


Bahan-bahan:
  • 350 gram nangka, bersihkan lalu buang bijinya dan ambil daging buahnya saja
  • 250 gram kolang-kaling
  • 2 buah pisang raja yang telah matang, potong melintang
  • 750 cc santan kelapa
  • 3 lembar daun pandan, cuci dan ikat simpul
  • 100 gram gula pasir
  • 150 gram gula merah
  • 2 sendok teh garam dapur
Cara membuat kolak nangka sangat sederhana sekali yakni :
  1. Siapkan panci, kemudian masukkan semua bahan yang telah dipersiapkan tadi. Seperti buah nangka, kolang-kaling, pisang raja, santan kelapa, daun pandan, gula merah, gula pasir dan garam dapur. Masak dan rebus semua bahan tadi hingga mendidih & matang.
Jangan lupa baca juga beragam artikel resep yang telah tersedia di blog resep masakan ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, kemudian hasilnya pun bisa sesuai dengan yang temen-temen semua iginkan.