Minggu, 25 Januari 2015

Resep Es Kacang Merah Coklat Yang Enak

Resep Es Kacang Merah - menikmati minuman dingin saat cuaca sedang panas-panasnya pasti nikmat sekali. Apalagi jika minuman tersebut ternyata tidak hanya segar saja di tenggorokan, tapi bisa juga mengenyangkan perut.

Hal seperti itulah yang akan anda rasakan ketika anda menikmati salah satu minuman segar yang namanya es kacang merah. Minuman yang satu ini sudah banyak ditemukan di tempat-tempat makanan ataupun restoran yang ada di hampir seluruh wilayah di indonesia.

Di indonesia sendiri ada 3 daerah yang katanya es kacang merah disana paling enak dan mantap. Daerah itu adalah palembang, bangka dan juga manado. Meskipun sama-sama enak namun es dari kedua tempat itu memiliki beberapa perbedaan antara masing-masing.

Perbedaan itu tidak lain berada pada pemanis yang digunakan dalam penyajiannya yakni kalau manado dan bangka memilih menggunakan pemanis berupa susu kental manis, sedangkan di palembang pemanisnya memakai sirup merah atau bisa juga dengan cocopandan.

Resep Es Kacang Merah
Es Kacang Merah
Sumber Gambar : http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/328/es-kacang-merah







Anda tidak perlu cuma membeli di warung atau restoran saja ketika anda ingin mencicipi segarnya es kacang merah ini. Tapi anda juga bisa membuatnya lho sendiri di rumah. Ini dikarenakan bahan-bahan utama yang dipakai untuk membuat minuman ini cukup banyak beredar dipasaran.

Agar bisa lebih membantu anda dalam membuat minuman menyegarkan sekaligus mengenyangkan ini, telah kami siapkan resep dan cara membuat es kacang merah coklat yang enak di bawah ini, semoga saja bisa membantu!.


Bahan-bahan :
  • 200 gram kacang merah, cuci dan rendam terlebih dahulu selama kurang lebih 3-4 jam agar empuk
  • 3 lembar daun pandan, cuci bersih dan ikat simpul
  • Buah nangka matang sebanyak kurang lebih 10 biji, potong kcil-kecil
  • 300 ml air santan kelapa tua
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 1,5 liter air 
  • Susu kental manis secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Vanilla bubuk secukupnya
  • Es batu serut secukupnya
Cara membuat es kacang merah yaitu :
  1. Pertama-tama siapkan panci lalu isi dengan air dan juga kacang merah lalu rebus dengan menggunakan api sedang.  
  2. Setelah kacang di panci dirasa sudah empuk, masukkan daun pandan.
  3. Kemudian masukkan vanili bubuk, garam dan gula pasir kedalamnya lalu aduk-aduk agar semuanya tercampur rata.
  4. Disisi lain, buatlah coklat cair dengan cara melarutkan larutan coklat ke dalam air. Setelah itu, tuangkan coklat cair tersebut ke dalam panci yang berisi kacang merah tadi. Aduk-aduk hingga mendidih dan kacang merah telah mulai mengental. Angkat dan biarkan sebentar agar dingin.
  5. Sambil menunggu kacang merahnya dingin, masaklah santan kelapa yang telah di beri garam dapur. Aduk-aduk perlahan sampai matang dan usahakan supaya santannya tidak pecah.
  6. Setelah semuanya siap, tinggal menyajikan saja. Caranya yakni siapkan mangkuk atau gelas saji lalu tuang semua bahan yang dimulai dari kacang merah lalu potongan buah nangka, es batu serut, santan kelapa dan susu kental manis sebagai sentuhan akhirnya. Es kacang merah coklat yang enakpun siap untuk dinikmati.
Bagaimana teman? mudahkan untuk membuat es kacang merah dengan memakai santan dan juga coklat yang enak ini?.  Agar pengetahuan ada semakin banyak, ada baiknya anda membaca artikel resep yang ada di blog ini, misalkan saja resep es doger yang enak dan juga segar. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel yang sederhana ini & selamat berkreasi.