Selasa, 04 Oktober 2016

Resep Kue Lumpang Pandan Enak, Lembut dan Kenyal

Resep Kue Lumpang - Kue basah tradisional di indonesia ternyata memang sangat banyak lho bunda. Dan bahkan ada yang unik-unik, contohnya saja adalah kue lumpang. Bagi para bunda mungkin masih ada yang belum terlalu tahu dengan kue ini, karena tak seperti kue lainnya kue ini memang terbilang jarang ditemukan.

Baca Juga : Resep Kue Lumpur Kentang Istimewa Pakai Susu dan keju

Mendengar namanya, pasti para bunda cukup aneh, admin buletinresep pun juga berpikir demikian. Kesannya sangat tradisional sekali dan jika diucapkan pun terasa agak lucu. Tapi siapa sangka ternyata penyebutan nama ini ternyata merujuk pada bentuk kue ini yang mirip-mirip sama "lumpang" yakni sebutan untuk tempat para petani untuk menumbuk padi. Bagian tengah kue ini pun agak cekung mirip sama lumpang aslinya.

Resep Kue Lumpang
Ilustrasi Kue Lumpang
Meskipun kaya lumpang, namun beda sama yang aslinya yang satu ini bisa dimakan. Namanya juga kue iyakan. Rasanya sendiri terbilang enak dan tekturnya juga lembut saat dimakan. Oh ya, kue ini juga kenyal saat digigit. Hal ini mungkin karena kue ini menggunakan tepung kanji sebagai salah satu bahan utamanya.

Kue lumpang ini jika diperhatikan, agak mirip sama kue mangkok. Tapi wajar saja mengingat cetakan untuk membuatnya itu hampir sama. Namun ciri khas dari kue ini daripada kue mangkuk adalah warnanya yang tampaknya tak bisa diganti dengan yang lain yakni warna hijau. Untuk semakin gurih, kue ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa.

Baca Juga : Resep Kue Ape Pandan Enak dan Lembut

Kue ini mungkin masih jarang, namun kita sendiri bisa membuatnya dirumah. Kalau para bunda tertarik ingin membuat kue ini berikut resep dan juga cara membuat kue lumpang khusus untuk para bunda semuanya.

Resep Kue Lumpang

Bahan utama:
  • 100 gram tepung kanji / tapioka
  • 200 ml santan kelapa cair
  • 25 gram tepung beras
  • 100 gram gula pasir halus
  • 50 ml air pandan suji
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
Bahan Pelengkap:   
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kelapa parut secukupnya untuk taburan
Alat :
  • Wadah Ukuran Sedang
  • Cetakan Kue Lumpang ( bisa plastik, melamin atau porselen )
  • Panci Kukus
  • Kompor
  • Sendok
Cara membuat kue lumpang pandan yang enak:
  1. Pertama-tama masukkan semua bahan utama yang sudah dipersiapkan tadi kedalam satu buah wadah. Lalu aduk-aduk pakai sendok sampai semuanya tercampur merata.
  2. Setelah itu, ambil cetakan kue lumpang lalu olesi permukaannya dengan minyak goreng. Kemudian tuangkan adonan kue lumpang kedalamnya. 
  3. Jika sudah, panaskan panci kukus diatas kompor dengan api sedang. Taruh kue lumpang ke dalam panci dan kukus sampai matang. Untuk lama waktunya kurang lebihnya selama 20 menitan.
  4. Jika sudah matang, angkat kue dari kukusan. kemudian keluarkan kue lumpang dari cetakan. Taburi bagian atasnya dengan parutan kelapa.
  5. Kue lumpang pandan pun siap untuk dinikmati.
Demikian informasi mengenai resep dan cara membuat kue lumpang pandan untuk para bunda sekalian. Jika anda-anda semua tak terlalu suka dengan parutan kelapa ataupun ingin menggantinya dengan yang lain itu boleh-boleh saja. Sesuai selera saja, bisa diganti dengan taburan keju, coklat dan lain-lainnya.