Blog yang mengulas informasi mengenai berbagai macam resep masakan, mulai dari resep makanan, resep minuman, resep kue dan resep-resep lain yang pastinya enak

Senin, 20 Juni 2016

Resep Kue Wajik Ketan Gula Merah Enak dan Manis

Resep Kue Wajik Ketan - Siapasih yang tak tahu tentang kue tradisional yang bernama kue wajik ketan? Pasti tahukan ? apalagi untuk masyarakat yang tinggal di pulau jawa tentu sudah tak asing lagi dan bahkan sangat familiar dengan kue yang punya rasa manis nan legit ini.

Kalau untuk sekarang, kue wajik ketan ini mungkin tak sepopuler zaman dulu. Apalagi setelah datangnya kue -kue modern yang datang dengan tampilan yang lebih fresh dan menarik. Namun meski demikian, kue ini masih eksis hingga sekarang mengingat di saat acara sakral seperti pernikahan ataupun acara lainnya kue ini kerap hadir sebagai salah satu cemilan lezat yang disuguhkan.

Tak cuma disitu saja, mengingat di indonesia pasar tradisionalnya masih terbilang banyak maka kue ini pun juga bisa kita jumpai di tempat tersebut, ya walaupun tak semua pasar tradisional itu ada. Oh ya, biar tetap diminati, para pembuat kue wajik ketan ini pun melakukan berbagai inovasi dan kreasi terhadap kue tradisional ini.

Resep Kue Wajik Ketan
Ilustrasi Kue Wajik Ketan


So jangan heran jika sekarang banyak varian dari kue wajik ketan ini, diantaranya ada kue wajik ketan hitam, wajik ketan pandan, wajik ketan nangka dan masih lain-lain. Dan tak perlu ditanyakan lagi soal rasanya, pastinya enak semuanya.

Nah karena variannya banyak, maka buletinresep kali ini hanya akan memberikan resep kue wajik ketan satu saja yakni yang asli/original dengan gula merah sebagai bahan pemanisnya. kue wajik ketan ini adalah yang sering dibuat oleh orang-orang zaman dahulu sehingga tak hanya rasanya enak, kue ini juga punya nilai sejarah yang tinggi.

Resep Kue Wajik Ketan


Bahan-bahan:
  • 500 gram ( 1/2 kg) beras ketan
  • 200 gram gula merah jawa
  • 700 ml santan kelapa kental
  • 100 gram gula pasir halus
  • 4 lembar daun pandan, cuci bersih
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
Cara membuat kue wajik ketan yakni:
  1. Langka pertama, cuci beras ketan yang sudah disiapkan  dengan air sampai bersih. Cara mencucinya mirip seperti saat mencuci beras buat menanak nasi, yakni agak diremas pakai tangan & mencucinya pun berulang kali.
  2. Persiapkan kukusan yang telah diberi air secukupnya lalu taruh diatas api sedang. Tuangkan semua beras ketan kedalamnya. Tutup, lalu masak sampai beras ketannya setengah matang. Untuk waktunya sendiri tergantung, bisa 15 menitan, 30 menitan yang penting beras ketannya hingga setengah matang saja ( jangan sampai matang).
  3. Jika sudah angkat kukusan, diamkan sebentar.
  4. Berikutnya, siapkan panci yang ukurannya cukup besar. Lalu masukkan santan kelapa beserta gula pasir & gula merah. Lalu masak diatas api sedang.
  5. Masak sambil diaduk-aduk hingga gulanya larut.
  6. Kalau ini sudah, selanjutnya masukkan daun pandan yang sudah dicuci bersih. Ikat simpul saja biar rapi.
  7. Berikutnya ambil beras ketan yang sudah dimasak setengah matang tadi dan masukkan ke dalam panci. Aduk-aduk supaya beras ketannya bisa tercampur merata dengan bahan lainnya.
  8. Masak sebentar hingga ketannya matang.
  9. Tahap selanjutnya, siapkan loyang lalu taruh diatasnya ( alasi ) dengan daun pisang. Olesi daun pisang dengan minyak goreng supaya nanti tak lengket dengan kue wajik ketannya.
  10. Kemudian tuangkan saja kue wajik ketan di atas loyang yang beralaskan daun pisang tadi. Lalu ratakan dengan menggunakan sendok ataupun centong.
  11. Biarkan dingin terlebih dahulu, supaya mengeras. Baru setelah itu kita potong-potong kue wajik ketan sesuai dengan selera & siap deh disantap sendiri maupun bersama dengan keluarga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Wajik Ketan Gula Merah Enak dan Manis