Jumat, 19 Juni 2015

Resep Es Cendol Yang Enak dan Segar

Resep Es Cendol - minuman yang satu ini bisa dibilang salah satu yang saya suka. Saya biasanya memperolehnya dengan membeli di pasar-pasar tradisional. Terkadang juga bisa didapatkan dengan membelinya dari abang-abang pedagang keliling. Rasanya sendiri memanglah enak dan menyegarkan.

Apalagi saat musim panas, meminum minuman ini sangat membantu sekali buat menghilangkan rasa dahaga yang menerpa. Oh ya, selain menyegarkan, minuman ini juga bisa membuat perung kenyang lho, mengingat cendol itu sendiri terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang kaya akan karbohidrat.

Es cendol sangat populer lho temen-temen. Apalagi di negara indonesia, minuman segar ini sekarang sudah tersebar di hampir seluruh wilayah di indonesia. Baik itu di daerah pedesaan hingga di daerah perkotaan.

Harga yang dibanderol pun bisa dibilang sangat murah sekali, harganya bisa dijangkau oleh kalangan apa saja, baik itu kalangan bawah, menengah dan juga atas. Penyuka nya pun tidak tanggung-tanggung, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Resep Es Cendol
Es Cendol
Tapi pernahkah kita berpikir kalau ternyata minuman ini tidak hanya bisa dibeli saja tapi bisa kita buat dengan tangan sendiri?. tak percaya ?. Buktinya sudah banyak kok. Dan jika kalian ingin bukti yang lebih jelas lagi, bagaimana kalau temen-temen coba aja buat sendiri.

Caranya mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga gampang sekali untuk didapatkan. Nah untuk semakin membantu anda, dibawah ini sudah saya sediakan resep dan juga cara membuat es cendol yang enak dan segar, semoga bisa membantu temen-temen semuanya dan berhasil untuk membuatnya!.


Bahan untuk membuat cendol:
  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu
  • 100 ml air daun suji
  • 200 ml air
  • Air dingin / es secukupnya
Bahan untuk santannya:
  • 200 ml santan kental yang sudah matang
  • 1/2 sendok teh garam dapur
  • 2 lembar daun pandan, cuci bersih
Bahan untuk larutan gula :
  • 150 gram gula merah, disisir 
  • 100 ml air
 Bahan pelengkap:
  • 100 gram daging buah nangka matang, potong kotak-kotak (atau bisa juga sesuai dengan selera anda)
  • 500 gram es serut
Cara membuat es cendol yang enak:
  1. Pertama-tama ialah membuat cendolnya, caranya ialah campurkan tepung beras, tepung sagu, air daun suji dan juga air (200 ml). Kemudian masaklah sambil diaduk-aduk hingga mengental.
  2. Setelah itu ambil wadah yang sudah dikasih air dingin. Lalu tuangkan adonan tadi kedalam cetakan cendol. Posisikan cetakan di atas wadah berisi air dingin tadi. Biarkan cendol nya jatuh kedalam air dingin. Diamkan sampai adonan tadi membeku dan jadilah cendol.
  3. Langkah kedua, buat santannya caranya ialah campurkan santan kelapa, garam dapur dan daun pandan. Rebus hingga mendidih, lalu kemudian angkat.
  4. Langkah ketiga, buat larutan gulanya caranya ialah campur gula merah sisir dengan air (100 ml). Kemudian rebus sampai mengental dan gula nya larut, lalu angkat.
  5. Setelah semuanya siap tinggal menyajikannya, caranya ialah ambil gelas saji lalu masukkan es serut. Kemudian masukkan cendol, santan, larutan gula dan juga buah nangka. Es cendol pun sudah jadi & siap untuk dinikmati.
Temen-temen, Baca juga ya artikel mengenai resep minuman yang menyegarkan lainnya yang telah tersedia di blog  ini , seperti tentang resep es lilin kacang hijau atau bisa juga tentang resep es kopyor yang enak. Terima kasih banyak dan selamat untuk mencoba!.