Sabtu, 12 November 2016

Resep Bubur Sumsum Enak dan Lembut

Resep Bubur Sumsum - Bubur merupakan makanan yang sudah sangat akrab ditelinga kita. Makanan ini sering kita jumpai bahkan mungkin seringkali kita makan. Bubur memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga mudah untuk dimakan. Karena hal inilah, maka bubur kerap menjadi sajian wajib yang sering diberikan bagi orang yang sedang sakit yang memang agak kesulitan untuk makan.

Seiring berjalannya waktu, bubur kini sudah banyak sekali variannya. Diantara varian bubur yang populer dan memang diminati masyarakat indonesia sampai sekarang adalah bubur sumsum. Meski namanya sumsum, bubur satu ini tak memakai sedikit pun sumsum baik dari sapi, kambing ataupun hewan lainnya.

Nama sumsum sendiri diberikan karena bubur satu ini sangatlah lembut dan bisa lumer di lumut, mirip seakan jika makan sumsum hewan. Bubur sumsum ini masih bisa kita jumpai apabila pergi ke pasar tradisional. Biasanya bubur sumsum dijual dengan bungkus daun pisang lengkap dengan saus gulanya.
Resep Bubur Sumsum
Ilustrasi Bubur Sumsum
Penggunaan daun pisang sendiri membuat bubur menjadi lebih sedap saat dimakan. Tak cuma di daun pisang, Bubur sumsum juga terkadang disajikan di piring ataupun mangkuk. Bubur sumsum merupakan bubur yang enak dan nikmat yang tak hanya disukai oleh anak-anak namun disukai pula oleh orang dewasa.

Tak cuma membeli saja untuk bisa mencicipi enak dan lembutnya bubur sumsum ini. Kalian atau kita semua ( para bunda ) bisa juga membuat bubur ini sendiri dirumah. Caranya mudah dan gampang sekali serta bahan yang dibutuhkan tersedia disekitar kita. Baiklah untuk selengkapnya bikin ini bubur, berikut informasi mengenai resep dan cara membuat bubur sumsum enak.

Resep Bubur Sumsum

Bahan utama bubur sumsum:
  • 400 gram tepung beras kualitas bagus
  • 250 gram parutan kelapa, peras santannya sampai bening
  • 3 lembar daun pandan, cuci bersih pakai air dan ikat simpul
  • 1 sendok makan garam dapur
  • 1/2 liter air bersih
Bahan untuk kuah :
  • 250 gram gula merah
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 1/2 liter air bersih
Cara membuat bubur sumsum enak :
  1. Pertama-tama buat bubur sumsum nya dulu, caranya ambil satu buah wadah / baskom. Lalu masukkan air bersih dan juga tepung beras. Aduk-aduk sampai tercampur rata, sisihkan.
  2. Ambil satu buah panci, lalu tuangkan santan kelapa bersama dengan garam dapur. Masak diatas api sedang sambil diaduk-aduk perlahan supaya santannya tidak pecah.
  3. Tuangkan campuran tepung beras & air ke dalam adonan santan. Masukkan pula daun pandan yang sudah diikat simpul. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih. Angkat dan sisihkan.
  4. Langkah berikutnya buat kuah gula nya, caranya masukkan gula merah, gula pasir dan juga daun pandan ke dalam panci. Jangan lupa tuangkan air bersih kedalamnya.
  5. Selanjutnya masak di atas api sedang, sampai gulanya larut. Angkat dan saring airnya.
  6. Sajikan bubur sumsum didalam mangkuk / pisang dengan disiram dengan kuah gulanya.
Demikian informasi mengenai resep dan cara membuat bubur sumsum enak dan lembut yang bisa kalian praktekkan sendiri dirumah. Jangan lupa untuk terus baca resep masakan enak lainnya yang ada di buletinresep ini seperti mengenai resep bubur manado asli dan sederhana. atau bisa juga tentang resep bubur ayam cina spesial yang enak.