Jumat, 07 Oktober 2016

Resep Empal Gepuk Sunda Enak dan Empuk

Resep Empal Gepuk - Setelah sebelumnya di buletinresep dulu kita sudah bicara mengenai resep empal gentong, maka kali ini gantian kita bicara mengenai resep lainnya yang juga tak kalah enaknya malahan juga sama-sama empal yakni empal gepuk. Empal ini merupakan masakan asli sunda yang juga sudah sangat populer di indonesia.

Baca Juga : Resep Empal Gentong Cirebon Asli Enak

Layaknya empal pada umumnya, empal gepuk terbuat dari daging utamanya daging sapi. Cara membuatnya hampi-hampir sama dengan yang lainnya. Namun yang bikin beda adalah masakan ini memiliki warna yang hitam pekat. Sekilas masakan ini mirip dengan dendeng sapi, namun memiliki keunikan tersendiri yakni punya tekstur yang lebih basah dan bumbu yang lebih gurih.

Resep Empal Gepuk
Ilustrasi Empal Gepuk Saat Dihidangkan
Nama empal gepuk sendiri kurang lebihnya menggambarkan bagaimana cara untuk membuat masakan berbahan daging sapi ini. Gepuk merupakan istilah jawa yang jika di ubah kedalam bahasa indonesia adalah di pukul. Makanan ini memang cara asli pembuatannya itu dengan cara memukul daging sapi hingga gepeng dan pipih. Baru kemudian diberi bumbu-bumbu.

Banyak warung makan yang menyediakan masakan empal gepuk ini. Biasanya sih adanya adalah pas jam makan siang. Rasanya gurih dan empuk serta dijual dengan harga yang relatif terjangkau sekali. Biasanya empal gepuk ini disajikan bersama dengan nasi putih lalu ada tambahan lainnya seperti sambal, tempe ataupun yang lainnya.

Baca Juga : Resep Dendeng Sapi Kering dan Basah Enak Sekali

Tak hanya bisa dibeli diwarung saja, kita juga bisa membuat empal gepuk ini sendiri di rumah. Setidaknya untuk menu makan bersama keluarga. Jika para bunda penasaran bagaimana resep dan cara membuat empal gepuk ini berikut informasinya.

Resep Empal Gepuk

Bahan-bahan:
  • 500 gram daging sapi
  • 700 ml santan kelapa, bisa peras sendiri atau pakai yang instan
  • 3 lembar daun salam
  • Larutan asam jawa, dari campuran 1 sendok teh asam jawa + 50 ml air bersih
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu-halus:
  • 10 butir bawang merah, yang sudah dikupas kulitnya
  • 3 siung bawang putih, yang sudah dikupas kulitnya
  • 2 cm lengkuas
  • 1 batang serai
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 2 sendoh teh gula merah
  • 1 sendok teh garam dapur
Cara membuat empal gepuk sunda enak dan empuk:
  1.  Pertama-tama masukkan daging sapi kedalam panci berisi air. Kemudian rebus sampai mendidih dan daging sapinya empuk. Angkat daging sapi dan tiriskan.
  2.  Iris tipis daging sapi sesuai seratnya dengan tebal kurang lebihnya 1-2 cm. Jika sudah pukul-pukul ( gepuk) daging tadi sampai pipih. Jika sudah biarkan sebentar.
  3. Tahap selanjutnya, masukkan santan kelapa kedalam panci. Masukkan pula bumbu halus, air asam jawa serta daun salam. Masak sambil diaduk-aduk perlahan supaya santannya tidak pecah sampai mendidih. 
  4. Masukkan irisan daging sapi yang sudah di pukul ( gepuk ) kedalam rebusan santan. Lalu masak dengan api kecil terus sampai mengental dan kering.
  5. Panaskan minyak goreng cukup banyak, kemudian goreng daging sapi tadi sampai matang.
  6. Empal gepuk pun sudah jadi dan siap untuk dinikmati.