Rabu, 17 Juni 2015

Resep Es Lilin Kacang Hijau Yang Enak dan Lembut

Resep Es Lilin Kacang Hijau - Masih ingat gak es lilin? jajanan ini bisa dibilang sangat populer dan sangat digemari, utamanya oleh anak-anak. teksturnya yang padat dan dingin serta rasanya yang enak, memang membuat anak-anak suka untuk menikmatinya. Ditambah dengan harganya yang tergolong murah dan terjangkau, membuat anak-anak kian senang terhadap jajanan es ini. Disebut es lilin,

tidak lain karena dari bentuknya yang sengaja dibuat memanjang seperti lilin. Jajanan ini biasanya dijual oleh para pedagang keliling, baik dengan menggunakan sepeda onthel maupun sepeda motor. Tempat jualnya biasanya disekolah-sekolah, soalnya memang disana banyak sekali anak-anak.

Es lilin yang biasanya dibuat adalah es lilin kacang hijau. Ya, kacang hijau memang terkadang kerap digunakan sebagai pemberi rasa pada jajanan es lilin. Kacang hijau dipilih karena punya bahan pakan ini punya tekstur yang padat rasanya juga enak dan sedikit agak manis. Selain untuk pembuatan es lilin, kacang hijau juga kerap diolah menjadi masakan lainnya seperti kacang hijau goreng tepung, bubur kacang hijau dan lain sebagainya.

Resep Es Lilin Kacang Hijau
Es Lilin Kacang Hijau

Membuat es lilin kacang hijau ini tidak lah begitu rumit dan sulit. Para bunda juga bisa membuatnya sendiri kok dirumah. Selain untuk menambah pengetahuan soal masak memasak, hal ini setidaknya juga bisa membantu pengeluaran untuk uang jajan anak.

 Tidak hanya itu, ini juga bisa menghindarkan anak-anak dari jajan yang sembarangan (tidak sehat). Baiklah langsung saja kali ya, inilah resep dan juga cara membuat jajanan es lilin kacang hijau! semoga bisa membantu.


Bahan-bahan yang perlu untuk teman-teman persiapkan diantaranya ialah:
  • 200 gram kacang hijau yang sebelumnya telah direndam semalaman dan telah direbus hingga matang
  • 350 ml santan kelapa kental
  • 350 gram gula pasir
  • 1 liter air
  • 2 lembar daun pandan, cuci bersih
  • Plastik es lilin ukuran kecil secukupnya buat membungkus
  • Karet gelang buat mengikat secukupnya
Cara membuat es lilin kacang hijau ialah:
  1. Pertama-tama, ambil panci lalu masukkan air dan juga gula pasir. Aduk-aduk kemudian masak dengan menggunakan api kecil hingga mendidih. 
  2. Setelah itu, tambahkan daun pandan yang sudah dicuci bersih serta santan kelapa kental kedalamnya. Aduk-aduk dan masaklah sampai mendidih kembali.
  3. Setelah mendidih, matikan api lalu angkat dan dinginkan.
  4. Ambil plastik es lilin, kemudian masukkan 1 sendok makan kacang hijau rebus kedalamnya. Lalu masukkan juga air rebusan gula + santan tadi kedalamnya. 
  5. Ikat kencang (kuat) bagian ujung plastik es lilin dengan menggunakan karet gelang. 
  6. Lakukan berulang-ulang sama seperti itu, hingga semua bahannya habis.
  7. Langkah berikutnya, masukkan es lilin nya kedalam lemari pendingin (freezer) lalu biarkan sampai benar-benar dingin dan membeku.
  8. Ambil es lilin yang telah dingin membeku dari lemari pendingin, lalu siap untuk dinikmati.
Demikian lah ulasan singkat seputar bagaimana resep dan juga cara membuat minuman dingin es lilin kacang hijau. Oh ya, apabila dari temen-temen ada yang ingin merasakan rasa yang berbeda dari es lilin ini (yakni bukan kacang hijau), temen-temen bisa mengganti sendiri lho bahan untuk rasanya sesuai yang kalian suka. Misalkan saja diganti sama buah, seperti buah strawberry, melon , mangga dan lain-lain. Dan hasilnya pun nantinya juga masih punya rasa yang enak dan juga segar kok.

Biar lebih tahu soal resep-resep minuman dingin, ada baiknya temen-temen juga baca artikel yang serupa yang sudah ada di blog ini. Seperti misalkan soal resep es kopyor ataupun resep es goyobod bandung. Terima kasih sudah berkunjung, selamat mencoba dan semoga bisa berhasil!.