Selasa, 20 September 2016

Resep Peyek Teri Renyah dan Gurih

Resep Peyek Teri - Rempeyek atau gampangnya di sebut peyek merupakan salah satu makanan yang sudah lama ada di indonesia. Makanan inipun sudah tersebar hampir diseluruh wilayah di indonesia. peyek sendiri adalah olahan yang terbuat dari bahan dasar tepung yang mana memakai bahan lain sebagai bahan utama atau boleh dikatakan sebaai penentu rasanya, yang mana kemudian digoreng kering dengan bentuk yang pipih dan tipis.

Baca Juga : Resep Peyeng Kacang Tanah Enak dan Renyah

Karena makanan ini sangat mudah dan juga sederhana, bahan utamanya bisa dengan mudah divariasikan maka Peyek sendiri ada banyak macamnya. Salah satunya adalah yang menggunakan ikan teri atau yang biasanya disebut sebagai peyek teri. Peyek satu ini biasanya sering dijadikan sebagai lauk yang dimakan bersama nasi.

Ikan teri meskipun terbilang ikan yang sangat kecil, namun ternyata punya kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Ikan ini ternyata mengandung protein yang tinggi, selain itu ada juga zat lain seperti kalsium, fosfor dan lain-lain yang kesemuanya itu sangat baik untuk tubuh kita. Ikan ini sangat mudah ditemukan saat kita belanja di pasar.

Resep Peyek Teri
Peyek Teri
Untuk membuat peyek ikan teri terbilang mudah dan sederhana sekali. Tampaknya tak diperlukan keahlian khusus, dengan kata lain semua orang bisa membuatnya jika memang berkeinginan. Ikan teri yang digunakan biasanya ada 2 macam yakni kering dan basah. Untuk kering ialah ikan teri yang sudah dikeringkan, sedangkan basah ya ikan teri yang masih dalam kondisi segar.

Baca juga : Resep Peyek Udang Enak dan Renyah

Semuanya sih tergantung selera saja, mau pakai yang kering atau basah. Untuk yang buletinresep bagikan kali ini ialah yang menggunakan teri basah. Selain lebih empuk, juga kandungan gizinya masih banyak. Tapi ada salahnya jika kalian menggunakan ikan teri kering. Ya kalau di resep berikut ini hanya tinggal mengganti ikan teri basah dengan yang kering. Baiklah berikut resep peyek teri buat kalian.

Resep Peyek Teri

Bahan-bahan:
  • 1/4 kg ikan teri basah ( segar )
  • 300 gram tepung beras
  • 450 ml santan kelapa cair
  • 3 sendok makan tepung sagu
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus:
  • 5 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • Garam dapur sedikit saja
  • Penyedap rasa sedikit saja
Cara membuat peyek teri renyah yakni:
  1. Siapkan satu buah wadah ukuran sedang. Mangkuk juga boleh. Kemudian masukkan tepung terigu dan tepung sagu serta bumbu yang sudah dihaluskan.
  2. Selanjutnya, tuangkan air santan kelapa cair kedalamnya sedikit demi sedikit. Aduk-aduk supaya bahan tercampur merata. Masukkan ikan teri dan aduk-aduk kembali.
  3. Berikutnya, panaskan minyak cukup banyak. Setelah itu ambil sedikit adonan tepung dengan ikan teri dengan sendok makan dan taruh di wajan / penggorengan. Menaruhnya jangan langsung di bagian tengah. Di bagian samping tapi terkena dengan minyak. Saat menaruhnya di penggorengan / wajan, sabil dipipih-pipihkan dengan sendok.
  4. Goreng peyek teri beberapa dulu, soalnya wajannya gak muat. Setelah matang, baru masukkan lagi peyek terinya dan lakukan berulang sampai semua adonan habis dan menjadi peyek teri matang.
  5. Peyek teri renyah dan gurih siap dinikmati sebagai lauk untuk keluarga.