Kamis, 11 Juni 2015

Resep Kue Kuping Gajah Gurih dan Renyah

Resep Kue Kuping Gajah - Temen-temen pastinya sudah pada tahukan, jika negara kita indonesia ini punya banyak sekali kue tradisional yang khas. Salah satunya ialah kue yang bernama kue kuping gajah. Sajian yang termasuk kue kering ini, termasuk yang populer lho temen-temen.

Apalagi saat hari idul fitri alias lebaran tiba, kue ini banyak sekali peminatnya. Ya untuk apalagi, tentu saja buat dinikmati bersama keluarga tercinta serta juga disuguhkan untuk tamu yang akan datang.

Karena peminatnya yang terbilang banyak, kue ini bisa dengan mudah dijumpai dan didapatkan lho temen-temen. Biasanya sih tersedia di toko oleh-oleh ataupun jajanan. Apalagi yang toko oleh-oleh nya terbilang besar, kue kuping gajah ini sudah pasti ada dan banyak sekali persediannya.

 Harga yang ditawarkan pun biasanya masih relatif terjangkau lah untuk kita. Dan kalau soal rasanya, sudah tentu kue ini rasanya enak, gurih dan juga renyah.
Resep Kue Kuping Gajah
Kue Kuping Gajah
Selain membeli, kita juga bisa bikin kue kering kuping gajah ini kok sendiri. Selain bisa menambah pengetahuan kita soal kuliner, hal itu juga bisa membantu kita dalam mengelola keuangan kita. Ya karena apa lagi? ya memang lebih hemat lah kalau buat sendiri.

Untuk bisa membuatnya temen-temen pastinya butuh dong resep dan juga gimana langkah-langkah untuk membuatnya?. Nah untuk itu telah kami sediakan semuanya buat temen-temen di bawah ini.


Bahan-bahan:
  • 300 gram tepung terigu, ayaklah supaya lebih halus
  • 50 gram tepung maizena
  • 100 gram gula pasir halus / bubuk
  • 4 butir telur ayam
  • 200 ml santan kelapa kental
  • 1 sendok makan coklat bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur
  • 1 sendok teh vanilla
Cara membuat kue kuping gajah yaitu:
  1. Pertama-tama, ambil sebuah wadah yang ukurannya cukup besar, lalu masukkan telur ayam dan gula pasir halus. Kemudian kocoklah secara bersamaan hingga mengental. Setelah itu, tambahkan garam dapur & vanilla lalu aduk rata.
  2. Selanjutnya, masukkan tepung terigu dan tepung maizena. Masukkan pula santan kelapa kental secara perlahan-lahan kedalamnya. Setelah itu aduk merata sampai adonan nya kalis.
  3. Kemudian, bagi adonan tadi menjadi 2 bagian. Ambil satu bagian dari adonan tersebut lalu campurkan dengan coklat bubuk. Aduk sampai merata, setelah itu gilas tipis sampai ketebalan sekitar 0,5 cm.
  4. Untuk adonan yang satu nya lagi tak perlu ditambah dengan apa-apa. Lalu sama saja yakni digilas tipis sampai ketebalan sekitar 0,5 cm.
  5. Berikutnya tumpuk kedua adonan tersebut. Boleh coklat dibawah dan yang original putih) diatas ataupun sebaliknya.  Kemudian gulung sampai benar-benar padat dan bentuk adonannya menjadi silinder. Lalu setelah itu, taruh adonan tersebut kedalam lemari es / pendingin.
  6. Setelah didiamkan beberapa menit di lemari es/ pendingin /kulkas, keluarkan adonan tersebut. Potonglah adonan tersebut tipis-tipis. Jangan lupa gilas lagi supaya adonannya benar-benar tipis.
  7. Tahap berikutnya, ambil wajan / penggorengan lalu kasih minyak yang agak banyak lalu panaskan.
  8. Setelah dirasa sudah panas, masukkan irisan adonan tadi kedalamnya, lalu goreng sampai kering dan matang. Angkat & tiriskan.
  9. Kue kuping gajah ini bisa langsung dinikmati langsung. Jika temen-temen tak ingin menikmatinya langsung alias mau menyimpannya, ada baiknya jika temen-temen gunakan toples yang kedap udara supaya kue ini bisa awet dan tahan lebih lama.
Jangan lupa dibaca juga artikel resep lainnya seperti resep kue sagon kelapa dan juga resep brownies kukus amanda yang sama-sama enak. Selamat mencoba & semoga temen-temen bisa berhasil!.