Rabu, 17 Juni 2015

Resep Es Kopyor Yang Enak dan Menyegarkan

Resep Es Kopyor - Di hari sedang panas-panas nya tentunya kita itu ingin minum sesuatu yang dingin dan juga menyegarkan. Banyak sekali pilihan minuman yang menyegarkan salah satu nya ya ini, yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Es kopyor itulah nama minumannya.

Kalau dari temen-temen ada yang suka nya jalan-jalan, pastinya sudah tahu sekali dengan minuman ini. Soalnya, minuman ini sekarang sudah banyak sekali yang jual, baik di warung pinggir jalan, restoran dan di tempat-tempat wisata juga kerap ada lho minuman ini.

Seperti namanya, minuman ini terbuat dari bahan utama yakni buah kelapa kopyor. Mengapa kelapa kopyor dan bukan kelapa jenis lainnya?. Jawabannya ialah karena kelapa kopyor ini punya daging buah yang lembut sehingga mudah dihancurkan.

Sedangkan kelapa lainnya biasanya daging buah padat dan keras sehingga agak susah untuk dihancurkan. Selain kelapa, minuman ini juga dibuat dengan tambahan bahan lainnya, seperti agar-agar, sirup coco pandan dan lain-lain.


Resep Es Kopyor
Es Kopyor
Minuman ini juga sangat cocok lho jika dipakai sebagai minuman untuk berbuka puasa. Rasanya yang enak dan manis bisa digunakan untuk mengembalikan tenaga kita yang sudah terpakai buat aktivitas seharian. Baiklah di bawah ini ada resep dan juga cara membuat es kopyor yang enak dan menyegarkan ini khusus buat temen-temen. Siapa tahu ada yang tertarik untuk mencoba membikinnya.


Bahan-bahan yang perlu untuk dipersiapkan diantaranya ialah:
  • 1 buah kelapa kopyor
  • 1 bungkus agar-agar (boleh merk nutrijel, swallow ataupun yang lainnya)
  • 1 1/2 sendok sirup coco pandan
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Air kelapa secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Es batu secukupnya
Cara membuat es kopyor  yaitu dengan cara:
  1. Ambil wadah / panci, lalu peraslah kelapa kopyor dengan menggunakan air kelapa.
  2. Setelah itu, tuangkan kedalamnya agar-agar dan juga air kelapa kira-kira sebanyak 125 cc.
  3. Lalu tambahkan gula pasir dan juga garam dapur kedalamnya secukupnya (sesuai selera). Kemudian aduk rata, lalu masak dengan menggunakan api kecil sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih, matikan api lalu angkat. Tuangkan adonan tersebut sedikit demi sedikit kedalam wadah / gelas yang telah diisi dengan es batu. 
  5. Tuangkan sirup coco pandan kedalamnya, dan es kopyor pun siap untuk dihidangkan & di nikmati.
Mudah sekali bukan untuk membuat minuman segar es kopyor ini?. Biar tahu lebih banyak soal minuman yang segar, tak ada salahnya jika temen-temen baca juga artikel lainnya seperti resep es goyobod bandung yang segar dan nikmat. Terima kasih banyak telah mengunjungi blog ini, dan selamat untuk mencoba and semoga berhasil!.