Minggu, 16 Oktober 2016

Resep Es Gabus Pelangi Enak dan Lembut

Resep Es Gabus - Zaman kita sekolah SD dulu, banyak sekali jajanan enak yang biasa kita beli. Banyak dan bermacam-macam lah pokoknya. Salah satu diantaranya adalah es gabus. Jajanan yang dingin dan empuk ini biasanya dijual sama abang-abang yang pakai sepeda motor. Harganya relatif terjangkau dan sesuai dengan uang saku anak SD.

Baca Juga : Resep Es Krim Oreo Mudah dan Sederhana

Anak-anak memang suka dengan es gabus. Karena rasanya enak dan empuk dan lembut. Tak cuma itu saja, warnanya juga sangat menarik saat dilihat. Es gabus sendiri ada beberapa warna misalkan coklat, susu ( putih ) dan lain-lain. Namun yang paling banyak dicari dan populer sekali adalah yang warnanya bermacam-macam alias mirip dengan pelangi.

Resep Es Gabus
Es Gabus
Es gabus pelangi yang biasanya dijual itu yang bentuknya kotak dan dibungkus dengan plastik. Ukurannya sih tipis namun ya tetap enak saat dimakan. Kalau beli tak akan cukup satu, karena masih belum bisa puas. Biasanya beli itu 2 atau hingga 3 buah. Jajanan ini boleh saja memang jadi jajanannya anak dulu, tapi sampai sekarang pun banyak orang yang membuat es ini.

Kalau para bunda, biasanya membuatnya buat anak mereka, hitung-hitung supaya mereka tidak jajan yang sembarangan. Es gabus pelangi ini menggunakan bahan-bahan yang cenderung sehat dan tidak mengandung bahan pengawet. Dan bahannya pun banyak ditemukan di warung -warung dan dijual dengan harga yang cukup murah.

Baca Juga : Resep Es Coklat Lembut dan Sederhana

Bagaimana tertarik ingin membuat es gabus pelangi ini? tenang saja untuk membuatnya terbilang mudah tak tak terlalu susah. Untuk selengkapnya silahkan ikuti saja resep dan cara membuat es gabus pelangi enak dan lembut berikut ini

Resep Es Gabus Pelangi

Bahan-bahan:
  • 100 gram tepung hunkew
  • 200 gram gula pasir
  • 1000 ml santan kelapa / bisa diganti dengan susu cair
  • Garam dapur, sedikit saja
  • Pewarna makanan secukupnya, usahakan banyak warna mulai, merah, hijau dan lain-lain supaya nanti mirip sama pelangi
  • Plastik secukupnya untuk membungkus
Cara membuat es gabus pelangi enak dan lembut :
  1. Pertama-tama, campur semua bahan yang sudah disediakan ( kecuali pewarna makanan ). Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian. Tiap bagian di beri warna berbeda-beda sesuai dengan warna yang diinginkan. Masak salah satu adonan berwarna ( misal merah ) di panci. Masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan matang. Lalu angkat & tuang ke dalam satu buah loyang.
  2. Jika sudah ganti dengan adonan berwarna yang lainnya. Masak sama seperti tadi ( yang warna merah ). Jika sudah tuang adonan ke loyang, tumpukkan saja ke adonan pertama tadi. Lakukan berulang sampai selesai.
  3. Setelah dingin, potong-potong adonan warna-warninya ( pelangi ). Potong kotak-kotak saja atau sesuai dengan selera kalian juga boleh. 
  4. Kemudian bungkus potongan tadi dengan plastik, lalu masukkan ke dalam lemari es atau frezzer hingga membeku.
  5. Es gabus pelangi pun siap dinikmati.