Minggu, 18 September 2016

Resep Kue Semprit Mawar Renyah dan Enak

Resep Kue Semprit Mawar - Saat hari lebaran, tentunya banyak sekali kue yang disajikan di meja tamu. Bermacam-macamlah jika boleh dibilang, tapi salah satu diantaranya biasanya adalah kue kering semprit mawar. Dengan bentuknya yang menarik seperti bunga mawar serta rasanya yang enak dan renyah membuat banyak orang memilih kue ini sebagai pendamping di hari raya umat islam tersebut.

Kue semprit banyak digemari masyrakat tak hanya orang dewasa saja, namun juga anak anak. Kue ini manis jika dimakan, apalagi dengan adanya tambahan selai berwarna merah diatasnya, atau terkatang selai dengan warna lain. Kue kering ini biasanya lebih lengkap jika dimakan bersama dengan minuman dingin seperti es sirup ataupun es jus. Mantaplah pokoknya makan kue kering ini.

Resep Kue Semprit Mawar
Kue Semprit Mawar
 Beberapa toko di indonesia, banyak yang menjual kue semprit ini. Ya, tak bisa dipungkiri jika memang minat masyarakat indonesia sangat tinggi akan kue kering ini. Makanya banyak pengusaha yang kemudian bergelut di bisnis kue semprit ini. Harga jualnya pun relatif murah dan terjangkau bagi masyarakat indonesia.

Diantara kalian pasti ada yang bertanya-tanya, kenapa ya padahal bentuknya indah dan mirip mawar tapi namanya aneh yakni semprit?. Entah benar ataukah tidak, namun penamaan semprit ini sendiri dikaitkan sama cetakan yang digunaakn untuk membuat kue kering ini yakni spuit. Karena sebutannya agak susah, makanya mungkin jadi semprit.

Kue ini bisa kita bikin sendiri dirumah. Caranya cukup mudah dan gampang saja. Jika serius kalian pasti bisa buat. Baiklah berikut resep dan cara membuat kue semprit renyah dan enak untuk teman teman semua di buletinresep ini.

Resep Kue Semprit Mawar

Bahan-bahan:
  • 500 gram tepung terigu
  • 400 gram mentega
  • 150 gram tepung maizena
  • 150 gram coklat bubuk
  • 400 gram gula pasir halus
  • 3 butir telur ayam, ambil bagian kuning nya saja
  • 5 butir telur ayam, ambil bagian putihnya saja
  • 2 sendok teh vanila bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Margarin secukupnya
  • Selai merahsecukupnya
Cara membuat kue semprit mawar yakni :
  1. Siapkan wadah ukuran besar, kemudian masukkan mentega dan kocok lepas. Setelah itu tambahkan gula pasir, setengah saja jangan semuanya. Lalu tambahkan pula kuning telur. Kocok kembali sampai merata.
  2. Setelah itu masukkan tepung terigu, tepung maizena, vanila bubuk serta garam dapur. Setelah itu aduk kembali sampai merata. Usahakan adonannya tidak terlalu keras supaya nanti bisa dicetak dengan mudah. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Diwadah yang berbeda, masukkan putih telur dan setengah gula pasir ( sisa diawal tadi ), lalu kocok lepas saja. Kemudian campurkan pada adonan pertama yang kita buat tadi. Aduk sampai merata.
  4. Berikutnya, siapkan 1 buah loyang dan olesi permukaannya dengan margarin secukupnya supaya kue sempritnya nanti tidak pada lengket. 
  5. Letakkan adonan yang kita buat tadi pada satu lembar plastik, lalu gulung hingga bentuknya mengerucut. Bagian atas / ujungnya beri "spuit kue semprit" ( cetakan ).
  6. Jika sudah tinggal tekan dan semprotkan adonan di atas loyang. Jika sudah berbentuk mawar, hiasi bagian atasnya dengan selai merah. Lakukan berulang sampai terbentuk banyak kue semprit mawar dan adonan habis.
  7. Masukkan ke dalam oven, dan panggang kue semprit mawar dengan suhu 150 ° selama kurang lebih 15 sampai 20 menitan. Setelah matang, keluarkan dari oven, lalu dinginkan dahulu. Baru setelah itu masukkan kedalam topless.
  8. Kue semprit pun siap di sajikan dan dinikmati.