Minggu, 18 September 2016

Resep Bakpao Coklat Lembut dan Enak

Resep Bakpao Coklat - Bakpao adalah makanan yang enak dan nikmat. Di indonesia, bakpao sudah lama ada dan bisa kita temukan dengan mudah utamanya di kota-kota besar. Utamanya di kawasan etnis tionghoa atau cina. Makanan ini tak cuma masyarakat cina saja yang suka, orang indonesia pun juga pada suka dengan makanan yang bentuk bulat dan punya tekstur lembut ini.

Bakpao sendiri tak hanya satu varian saja, namun ada banyak varian rasa salah satunya adalah coklat. Coklat memang tak mengherankan lagi jika digunakan di makanan bakpao. Soalnya memang coklat banyak sekali yang suka dan sering dipakai di setiap olahan kuliner lainnya. Bakpao coklat enak sekali lho jika dimakan apalagi saat lagi panas dan baru diangkat dari kukusan.

Resep Bakpao Coklat
Ilustrasi Bakpao Coklat
Bakpao coklat enak sekali saat dimakan. Saat digigit itu empuk sekali dan coklat yang ada di dalam langsung lumer di mulut kita. Yang suka sama bakpao ini kebanyakan itu dari kalangan anak-anak. Ya karena rasanya itu sangat manis. Bakpao ini bisa menjadi jajanan yang cukup menyehatkan mengingat pembuatannya itu dengan cara dikukus bukannya digoreng.

Baca Juga : Resep Bakpau Empuk dan Lembut

Sekarang untuk mencicipi enaknya bakpao coklat tak perlu harus membelinya, yakni bisa membuatnya sendiri. Cara membuatnya cukup mudah saja dan sederhana. Bahannya pun juga mudah untuk didapatkan. Hanya saja memang perlu sedikit kesabaran, karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Baiklah berikut resep dan cara membuat bakpao coklat lembut dan enak di blog buletinresep ini.

Resep Bakpao Coklat

Bahan pertama:
  • 100 gram tepung terigu
  • 150 ml air bersih
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sendok makan mentega / margarin
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
Bahan kedua :
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • Mentega secukupnya
Bahan isian:
  • 1 batang coklat
Cara membuat bakpao coklat lembut dan enak:
  1. Langkah pertama, campurkan bahan pertama di dalam sebuah wadah ukuran sedang. Campurkan saja dan aduk-aduk pakai sendok supaya rata. Biarkan sebentar sampai gula pasir larut.
  2. Berikutnya, masukkan bahan kedua ke bahan pertama. Tepung terigu, mentega dan baking powder campurkan semuannya dan aduk-aduk pakai tangan sambil diuleni sampai kalis.
  3. Jika sudah begini, diamkan saja adonan di dalam wadah. Dan tutupi bagian atasnya dengan kain. Ini dimaksudkan supaya adonan mengembang. Waktunya sendiri agak lumayan lama yakni kurang lebihnya 30 menitan.
  4. Setelah adonan mengembang, bentuklah menjadi bulat. Pipihkan dan kasih isian coklat. Tutup dan bentuk bulat kembali kemudian kukus bakpao sampai matang selama kurang lebih 15 menitan.
  5. Bakpao coklat lembut dan enak pun siap dinikmati.