Jumat, 14 Agustus 2015

Resep Wingko Babat Asli Enak

Resep Wingko Babat - adalah salah satu kue tradisional khas indonesia yang sudah sangat terkenal dan tidak diragukan lagi akan kelezatan rasanya. Kue ini termasuk dari salah satu jajanan yang sering dicari oleh para penikmat kuliner. Dari mulai anak-anak hingga kalangan remaja dan juga orang dewasa.

Kue wingko babat ini sudah tersebar di hampir wilayah yang ada ditanah air. Jadi jangan heran ya temen-temen jika sekarang banyak sekali daerah yang kini membuat kue basah ini. Dan, dari banyak daerah itu ada daerah yang bisa dbilang sebagai penghasil wingko babat yang sangat enak. Daerah tersebut adalah ibu kota nya jawa tengah alias kota semarang. Di kota semarang banyak sekali pengusaha kue wingko babat ini, dari skala yang kecil hingga skala besar.

Meskipun semarang terkenal sebagai salah satu central wingko babat, namun kue basah ini aslinya bukan berasal dari kota tersebut, melainkan berasal dari sebuah daerah di lamongan jawa timur yaitu babat. Nama "babat" inilah, yang kemudian menjadi alasan mengapa kue ini mempunyai nama wingko babat yang tidak lain karena disesuaikan dengan daerah ditemukannya kue ini.

Resep Wingko Babat
Wingko Babat
Wingko babat sendiri, termasuk kue yang mudah untuk dibuat. Alasanya pun sederhana yakni bahan-bahannya terbilang cukup mudah untuk didapatkan serta proses pembuatannya pun tidak terlalu ribet. Jika temen-temen tertarik dan barang kali ingin mencoba membuat kue ini sendiri dirumah, silahkan baca resep dan juga cara pembuatannya di bawah ini.


Bahan-bahan:
  • 500 gram tepung ketan halus
  • 350 gram gula pasir warna putih
  • 250 ml santan kelapa kental
  • 350 gram parutan kelapa muda
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh garam dapur
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1 lembar daun pandan, cuci lalu ikat simpul
  • Daun pisang atau kertas minyak secukupnya
Bahan olesan :
  • 2 butir telur ayam, pecahkan lalu ambil bagian kuning nya saja. Kemudian campurkan dengan 1/2 sendok teh margarin & aduk rata.
Cara membuat wingko babat asli enak yaitu:
  1. Langkah pertama, ambil panci lalu masukkan santan kelapa, gula pasir serta garam dapur. Lalu rebus hingga mendidih sambil di aduk-aduk.
  2. Setelah itu, masukkan daun pandan. lalu aduk kembali dan masak terus hingga adonan menjadi kental dan menggumpal. Setelah matikan api, lalu angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  3. Langkah berikutnya, ambil satu buah wadah dengan ukuran yang cukup besar. Lalu masukkan kedalamnya, tepung ketan, tepung kanji, kelapa parut, margarin dan vanili. Lalu aduk-aduk biar semua bahan tercampur merata.
  4. Selanjutnya, ambil adonan santan yang telah kita masak sebelumnya dan tuang kedalam adonan tepung. Menuangnya sedikit sedikit saja dan sambil di aduk-aduk. Lakukan terus seperti itu hingga santannya habis dan adonannya telah menjadi kalis.
  5. Lanjut, ambil satu buah loyang lalu alasi dengan daun pisang / kertas minyak. Setelah itu, tuangkan adonan wingko babat kedalamnya. Jangan lupa ratakan adonannya supaya nanti hasilnya bisa rapi, bagus dan tentunya menarik.
  6. Kemudian masukkan loyang yang berisi adonan kedalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 160 - 170 derajat dan panggang. Saat setengah matang, ambil loyang dari dalam oven kemudian olesi dengan bahan olesnya. Lalu masukkan lagi loyang kedalam oven dan panggang sampai matang dengan ciri warnanya telah berubah menjadi kuning kecoklatan.
  7. Setelah matang angkat kue dari oven lalu biarkan hingga dingin. Potong kue menjadi kotak-kotak (atau yang lain juga boleh, sesuai selera anda saja) dan wingko babat pun siap untuk dinikmati.
Demikianlah resep dan juga cara membuat kue basah wingko yang asli enak. Gimana menurut temen-temen? mudah alias tidak terlalu ribetkan. Kalau begitu tinggal dicoba & dipraktekin saja.

Biar lebih tahu lagi soal resep kue yang sama dengan artikel ini, temen-temen bisa baca juga artikel resep lainnya seperti mengenai resep kue cubit dan juga resep kue lapis surabaya yang enak dan lembut.