Selasa, 11 Agustus 2015

Resep Kepiting Saus Padang Pedas dan Asli Enak

Resep Kepiting Saus Padang -  Hampir semua hewan laut bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Termasuk juga kepiting. Hewan yang bercangkang keras ini bisa juga lho disulap menjadi beragam kuliner lezat nan nikmat. Salah satunya ialah dibuat menjadi kepiting saus padang.

Hidangan kepiting saus padang pastinya bukan hal yang baru lagi di telinga temen-temen semua. Apalagi bagi temen-temen yang hobinya makan di rumah makan ataupun restoran seafood, pastinya sudah familiar sekali dengan masakan ini serta sudah pernah cobain gimana rasa dari kuliner seafood ini.

Seperti masakan padang lainnya, olahan kepiting saus padang ini punya cita rasa yang pedas, manis serta gurih. Namun dari kesemua rasanya, rasa pedasnya lah yang dibilang paling menonjol. So, bagi temen-temen yang punya pada masalah perut (lambung), sebaiknya hindari makanan ini. Atau jika memang ingin sekali memakan masakan ini, boleh saja asalkan tidak terlalu banyak.

Resep Kepiting Saus Padang
Kepiting Saus Padang
Meskipun kepiting saus padang ini termasuk kuliner khas rumah makan ataupun restoran seafood. Bukan berarti hidangan ini tidak bisa kita buat sendiri dirumah. Tidak percaya? kalau begitu coba aja buat langsung dengan mengikuti resep dan juga cara pembuatannya yang sederhana di bawah ini.


Bahan-bahan :
  • 3 ekor kepiting segar
  • 4 sendok makan saus cabai botolan (merek apa saja boleh)
  • 2 sendok makan saus tomat botolan (merek apa saja boleh)
  • 1 sendok teh garam dapur
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 75 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus:
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh cabai merah giling
  • 1 cm jahe
Cara membuat kepiting saus padang yaitu:
  1. Langkah pertama, ambil kepiting nya lalu matikan terlebih dahulu. Setelah itu cuci hingga bersih. Buang bagian kakinya dan memarkan bagian capit besarnya dengan cara digeprek.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan lalu tuangkan minyak goreng. Minyak gorengnya cukup banyak ya, soalnya buat menggoreng kepitingnya.
  3. Setelah dirasa panas, masukkan kepiting nya lalu goreng hingga matang dan kering. Angkat lalu tiriskan terlebih dahulu.
  4. Sembari menunggu kepitingnya hilang minyaknya buat bumbunya, cara nya panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Lalu tambahkan merica bubuk, garam, saus tomat, saus cabai serta air. Aduk-aduk dan masak hingga mendidih.
  5. Ambil dan masukkan kepiting yang telah digoreng tadi. Aduk-aduk supaya tercampur merata lalu masak hingga matang dan bumbunya telah meresap.
Demikianlah resep mengenai masakan kepiting saus padang pedas dan asli enak. Jangan sampai ketinggalan informasi resep masakan lainnya yang ada diblog ini, seperti tentang resep udang saus padang yang enak ala restoran dan juga resep ikan tenggiri bumbu asli enak. Terima kasih & selamat untuk mencoba.