Senin, 15 Juni 2015

Resep Kue Apem Gula Merah Yang Enak dan Empuk

Resep Kue Apem Gula Merah - merupakan kue tradisional yang enak, lembut dan juga empuk saat di makan. Kue ini biasanya sih banyak dijual di pasar-pasar tradisional dan terkadang juga tersedia di toko-toko kue. Kue basah ini banyak dicari oleh orang-orang di karenakan kue ini cocok sekali jika dijadikan sebagai hidangan saat acara -acara tertentu. Contohnya saja saat acara arisan (kumpulan ibu-ibu) ataupun acara-acara penting lainnya.

Kue apem gula merah ini punya tampilan yang menarik, alhasil saat orang melihatnya jadi tertarik dan kepingin mencicipi kue yang empuk ini. Saya sendiri pun tertarik lho saat melihatnya, dan langsung memakannya.

Oh ya, mengingat kue ini bisa dibilang enak dan banyak yang suka, maka sekarang tidak sedikit orang yang kemudian mendirikan usaha /  waralaba untuk menjual kue apem gula merah ini. So, jadinya jangan heran ya jika sekarang kita bisa nemuin kue ini di berbagai tempat di indonesia.

Resep Kue Apem Gula Merah
Kue Apem Gula Merah
Kue ini terbuat dari bahan utama yakni tepung beras yang kemudian ditambah dengan tepung tapioka, santan kelapa, gula merah dan masih ada banyak bahan lagi. Semua bahan tersebut kemudian dicampur, lalu di masak dengan cara dikukus sampai matang. Gimana temen-temen? apa kalian tertarik dengan kue basah ini? kalau gitu langsung saja simak bagaimana resep dan juga cara membuatnya di bawah ini.


Bahan-bahan:
  • 250 gram tepung beras
  • 60 gram tepung tapioka
  • 450 ml santan kelapa 
  • 250 gram gula merah, disisir halus
  • 1 lembar daun pandan, cuci bersih lalu ikat simpul
  • 1/2 sendok teh vanilli bubuk
  • 1 sdm ragi instan
  • 1/2 sendok teh garam dapur
  • Minyak 
Cara membuat kue apem gula merah yaitu:
  1. Ambil panci, lalu masukkan santan kelapa serta daun pandan kedalamnya. Kemudian rebus sambil di aduk-aduk hingga mendidih. Angkat, lalu keluarkan daun pandan nya lalu sisihkan dulu biar dingin.
  2. Selanjutnya, ambil wadah lalu campur kan bahan-bahan seperti tepung tapioka, tepung beras, ragi instan dan juga gula merah. Aduk-aduk supaya rata.
  3. Setelah itu ambil santan kelapa yang sudah dingin tadi, lalu tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk-aduk. Tambahkan vanilli bubuk, lalu aduk rata lagi. Kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
  4. Berikutnya, ambil cetakan yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak (supaya tidak lengket nanti hasilnya) lalu tuangkan adonan kedalamnya. Masukkan adonan kedalam tiap cetakan sampai habis.
  5. Ambil panci pengukus lalu panaskan. Setelah cukup panas, masukkan dan tata kue apem gula merah nya kedalamnya, lalu kukus sampai mekar, matang dan empuk.
  6. Setelah matang, angkat lalu keluarkan kue apem dari cetakan nya. Lalu siap deh untuk disajikan & dinikmati.
Demikian artikel singkat yang membahas seputar kue enak & yang bernama apem gula merah. Baca juga artikel resep lainnya seperti resep kue hunkwe coklat yang lembut dan enak. Terima kasih banyak dan selamat untuk mencobanya temen-temen dan semoga berhasil!.