Minggu, 31 Mei 2015

Resep Es Kelapa Muda Gula Merah Yang Segar dan Enak

Resep Es Kelapa Muda Gula Merah - Minuman yang mampu menyegarkan tenggorokan dan tubuh itu gak mesti yang harus apa itu, yang untuk membuatnya ribet serta banderol harganya juga mahal, bener gak? he he. Yap untuk membuktikan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal minuman yang mudah, murah serta enak rasanya. Mau tau apa itu? inilah sajian segar es kelapa muda dengan gula merah.

Seperti namanya, minuman ini terbuat dari daging kelapa muda atau yang lebih dikenal dengan degan, yang dicampur dengan air kelapa serta diberi perasa gula merah yang manis. Minuman ini sendiri rasanya sudah dikenal oleh banyak orang. warung-warung yang bertebaran di setiap pinggir jalan bahkan kerap menghadirkan minuman ini dalam daftar menunya.

Resep Es Kelapa Muda Gula Merah
Es Kelapa Muda Gula Merah
Sumber Gambar : http://pixshark.com/es-degan-gula-jawa.htm
Seperti yang sudah saya bilang diatas tadi, jika minuman ini itu mudah, murah dan enak rasanya. Mengapa mudah ini dikarenakan untuk membuatnya sangatlah mudah. bahkan saking mudahnya saya rasa orang yang baru pertama kali pun akan bisa langsung membuatnya.

Tidak hanya itu, bahan-bahannya juga mudah sekali ditemukan karena biasanya kerap digunakan dalam sehari-hari. Kemudian murah, itu karena bahan yang dipakai cenderung murah harga belinya. Dan terakhir enak, ya pasti enaklah bahkan sudah dijual diwarung-warung kok. Ok, rasanya tak perlu panjang lebar lagi, ini dia resep dan juga cara membuat es kelapa muda gula merah yang enak ini.



Bahan-bahan:
  • 2 buah kelapa degan muda, kerok daging buahnya
  • 300 ml air kelapa
Bahan untuk sirupnya:
  • 100 gram gula merah, disisir
  • 5 butir buah nangka, iris memanjang
  • 1 lembar daun pandan, cuci kemudian ikat
  • 200 ml air
Bahan untuk pelengkap :
  • 100 gram cincau hitam, cuci bersih lalu potong kotak-kotak
  • 200 gram es batu
Cara membuat es kelapa muda gula merah yaitu:
  1. Langkah pertama ialah membuat sirupnya, caranya ialah siapkan wadah lalu kasih air, gula merah dan daun pandan. Masaklah terus sampai mendidih. Setelah itu, angkat kemudian saring airnya. Masukkan irisan buah nangka kedalamnya lalu sisihkan terlebih dahulu hingga dingin.
  2. Langkah berikutnya, ambil gelas saji lalu tata kerokan kelapa muda kedalamnya. Tambahkan cincau hitam, sirup dan juga es batu. Terakhir masukkan air kelapa muda.
  3. Es kelapa muda gula merah pun siap untuk dinikmati.
Nah gimana temen-temen? gampang dan cepet banget kan buat nyiptain minuman segar es kelapa muda dengan gula merah ini?. Biar temen-temen semua tambah jago soal masak memasak, tak ada salahnya jika baca juga artikel lainnya seperti resep es campur rumput laut dan juga resep es timun selasih. Terima kasih banyak dan selamat buat mencoba ya.