Sabtu, 09 Mei 2015

Resep Abon Sapi Yang Sederhana dan Enak

Resep Abon Sapi - Sapi merupakan hewan yang punya banyak manfaat bagi manusia. Selain di manfaatkan tenaganya, bagian tubuh sapi juga kerap di ambil dan di gunakan oleh manusia. Hampir seluruh tubuh sapi bisa di manfaatkan oleh manusia, salah satunya ialah daging nya. Daging hewan ini kerap di manfaaatkan untuk di konsumsi, mengingat rasanya yang terbilang enak.

Ngomong-ngomong soal daging sapi temen-temen, ada satu masakan yang terbuat dari daging sapi ini, namanya ialah abon sapi. Pada tau ga apa abon sapi itu?. Abon sapi ialah masakan yang terbuat dari daging sapi yang disuwir-suwir halus kemudian di masak bersama dengan bumbu- bumbu sampai matang dengan teksturnya yang kering. Makanan ini kerap di konsumsi kalau bosan dengan masakan daging sapi yang biasanya temen-temen.
Resep Abon Sapi
Abon Sapi
Di indonesia, masakan ini bisa di bilang sudah bisa dengan di jumpai. Apalagi,  sekarang makanan ini sudah banyak di jual dan di jajakan di toko maupun supermarket. Biasanya sih sajian ini dibungkus atau dikemas dengan menggunaan plastik yang cukup tebal dengan ukuran yang bervariasi yakni ada yang kecil dan ada yang besar.

Selain membeli, terkadang orang-orang juga berkreasi dengan membuatnya sendiri dirumah. Selain agar rasanya sesuai dengan selera, membuatnya sendiri dirumah bisa membuat kantong menjadi lebih hemat serta juga tingkat kesehatan & keamananya menjadi lebih terjamin. Nah bagi temen-temen yang pengen nih bikin abon sapi ini di rumahnya sendiri, bisa baca resep serta cara pembuatannya yang ada dibawah ini.



Resep Abon Sapi

Bahan-bahan:
  • 1 kg daging sapi
  • 250 ml santan kental dari 1 buah butir kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, di memarkan
  • Air secukupnya untuk merebus daging
Bumbu halus :
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar halus / bubuk
  • gula merah secukupnya
  • garam dapur secukupnya
Cara membuat abon sapi yang enak yaitu:
  1. Langkah pertama, masak air hingga mendidih lalu masukkan daging sapi, lengkuas, daun salam serta garam. Rebuslah terus hingga daging sapi nya empuk dan matang. 
  2. Angkat daging nya, terus iris tipis-tipis sambil di pukul-pukul sampai memar. Setelah itu suir-suir halus daging tersebut.
  3. Tahap berikutnya, masak santan kelapa bersama dengan suiran daging serta bumbu halus. Masak sambil di aduk-aduk & di bolak-balik terus hingga air santannya habis dan suiran dagingnya kering.
  4. Abon sapi pun siap untuk di sajikan dan nikmati.
Dalam membuat abon, sebaiknya sampai kering ya. Mengapa? soalnya biar bisa awet alias tahan lama. Oh ya, terkadang kan temen-temen ada yang suka dengan rasa yang pedas. Nah, si abon ini bisa lho dibuat rasanya menjadi pedas. Gimana caranya? mudah sekali, anda tinggal campurkan saja bubuk cabe dengan abon sapi ini, kemudian aduk-aduk.

Rasanya cukup disini saja pembahasan kita kali ini. Tambah lagi wawasan anda seputar resep masakan dengan membaca artikel yang ada di blog ini. Misalkan seperti artikel yang mengulas resep kikil saus tiram dan juga resep iga penyet yang enak. Terima kasih dan selamat untuk mencoba!