Selasa, 13 Januari 2015

Resep Tempe Mendoan Yang Renyah dan Paling Enak

Resep Tempe Mendoan - anda semua pastinya sudah tahu tentang makanan yang satu ini ni? atau malah mungkin anda semua sudah pernah dan sering merasakan enaknya makanan yang terbuat dari kedelai ini?. Saya sendiri termasuk dari salah satu penggemar alias doyan dengan makanan yang kerap di sapa sebagai salah satu gorengan ini.

Biasanya saya bisa dengan mudah mendapatkannya di warung-warung maupun pedagang-pedagang di pinggir jalan. Bahkan tak jarang pula, saya melihat makanan ini tersedia di rumah-rumah makan mewah, cafe bahkan hotel.

Tempe mendoan itulah makanan ini disebut. Makanan ini sebenarnya sangat sederhana, baik dari bahan-bahannya maupun cara pembuatannya. Terbuat dari tempe yang diris tipis-tipis yang dibalut dengan adonan dari tepung yang telah di kombinasikan dengan bumbu-bumbu.

Kemudian di goreng dengan minyak panas hingga matang dengan warna yang agak kekuning-kuningan. Menurut sejarah makanan ini aslinya berasal dari salah satu kota di jawa tengah yakni banyumas.

Hal itu semakin diperkuat dengan dugaan bahwa nama "mendoan", itu berasal dari bahasa banyumasan "mendo" Mendo sendiri memiliki arti setengah matang atau lembek.

Dan kalau di kaitkan, mendoan sendiri berarti adalah sebuah metode memasak yang menggunakan minyak goreng dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang sangat cepat sehingga makanannya itu hanya setengah matang alias belum matang. Seiring dengan perkembangannya, tempe mendoan ini juga telah menyebar hingga ke purwokerto, cilacap dan daerah-daerah lain di indonesia.

Resep Tempe Mendoan
Tempe Mendoan
Meski aslinya begitu, namun tidak jarang jika tempe mendoan terkadang juga di masak dengan cara berbeda yakni hingga matang dengan tekstur yang garing. katanya sih biar lebih renyah gitu. Kebetulan, kali ini yang saya akan membagikan adalah resep mendoan yang renyah dan paling enak.

Oh ya, selain itu saya juga telah menyediakan resep sambal kecap yang biasa digunakan untuk mendampingi gorengan ini. Silahkan disimak aja dengan baik-baik.



Resep Tempe Mendoan

Bahan yang dibutuhkan diantaranya :
  • 100 gram tempe, iris tipis
  • 100 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 btng daun bawang. iris-iris
  • 100 ml air 
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan antara lain :
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya
Cara membuat tempe mendoan yang enak :
  1. Pertama-tama, siapkan wajan, kasih minyak panas lalu tumis bumbu halusnya, sebentar saja. Setelah itu angkat, lalu campurkan bersama tepung terigu dan juga air. Aduk-aduk rata biar semua bahan tercampur merata.
  2. Langkah selanjutnya, ambil irisan tempe lalu celupkan ke adonan tepung tadi. Goreng tempe sampai matang / garing biar teksturnya renyah.
  3. Setelah itu, angkat tempe mendoannya dan nikmati selagi hangat dengan di temani dengan sambal kecap maupun hanya dengan cabe rawit saja.
Tapi jika anda lebih suka dan pengen menikmati tempe mendoan dengan sambal kecap, di bawah ini ada resep sambal kecap sederhana yang mungkin akan berguna bagi anda, :

Resep Sambal Kecap

Resep Sambal Kecap
Resep Sambal Kecap

bahan-bahan :
  • 1 siung bawang putih halus
  • 5 sdm kecap manis
  • 4 buah cabe rawit, iris-iris
  • Garam secukupnya
Cara membuat sambal kecap:
  1. Siapkan wadah/mangkuk, lalu masukkan semua bahan dan aduk hingga semuanya tercampur merata. Sambal kecap pun siap untuk anda nikmati.
Sedikit saran saja, jika anda menggoreng tempe mendoan sebaiknya menggunakan minyak yang cukup banyak. Ini dimaksudkan agar nanti hasilnya bisa bagus dengan pematangan yang lebih sempurna. Selain itu, usahakan gunakan api yang sedang-sedang saja agar tempe tidak kematangan alias gosong.

Itulah resep untuk membuat tempe mendoan yang renyah dengan rasa yang menurut saya mungkin paling enak. Jangan lupa membaca artikel resep lainnya misalkan seperti resep buletin resep perkedel kentang yang enak. Selamat berkreasi ria aja ya & semoga berhasil!.