Rabu, 24 Agustus 2016

Resep Nugget Ikan Lele Enak dan Mudah

Resep Nugget Ikan Lele - Masakan dari bahan ikan lele tentu sudah sering kita jumpai. Apalagi mengingat di indonesia banyak sekali warung makan yang menyediakan hidangan dari ikan air tawar ini. Contoh diantara masakan dari ikan lele yang populer antara lain pecel lele, lele goreng, lele bakar dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah kalian, jika dari sekian banyak masakan ikan lele enak yang ada salah satunya adalah nugget lele. Yap, seperti halnya daging ayam, daging ikan lele ternyata juga bisa di masak menjadi nugget. Rasanya pun tak kalah enaknya dengan daging ayam. Dan kandungan gizinya juga sangat baik bagi tubuh.

Resep Nugget Ikan Lele
Ilustrasi Nugget Ikan Lele
Nugget ikan lele ini pun bisa juga dijadikan sebagai bekal sehat untuk buah hati saat bersekolah. Setidaknya sebagai variasi menu biar gak bosan dan tidak jajan sembarangan. Anak-anak pastinya pada suka pasalnya rasanya lezat dan empuk. Oh ya, nugget lele yang dibagikan buletinresep kali ini tak cuma lezat namun juga sehat. Mengingat di dalam bahan pembuatannya ada juga sayur sayuran seperti wortel.

Jika kalian teman-teman dan juga para ibu tertarik untuk membuat nugget ikan lele ini, silahkan simak resepnya berikut ini.

Resep Nugget Ikan Lele

Bahan-utama:
  • 250 gram daging ikan lele segar, cincang sampai halus
  • 100 gram wortel, haluskan dengan blender
  • 150 gram tepur roti ( panir)
  • 2 butir telur ayam
  • 50 gram tepung tapioka ( kanji )
  • Minyak goreng secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya (royco, masako dll)
Bahan celupan:
  • 3 butir telur ayam, pecahkan lalu ambil bagian putihnya saja
Cara membuat nugget ikan lele yang enak dan sederhana:
  1. Langkah pertama siapkan wadah ukuran sedang, kemudian masukkan daging ikan lele cincang.
  2. Selanjutnya, masukkan wortel yang sudah halus serta tepung kanji. Aduk-aduk pakai sendok sampai semuanya tercampur merata.
  3. Setelah itu masukkan 2 butir telur ayam & penyedap rasa secukupnya. Aduk-aduk kembali.
  4. Jika sudah, ambil sedikit adonan lalu bentuk sesuai dengan selera.
  5. Ambil adonan nugget lele lalu celupkan ke putih telur & gulingkan diatas tepung roti / panir. Tiriskan sebentar.
  6. Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian goreng nugget ikan lele sampai matang dengan warna nya berubah coklat keemasan.
  7. Angkat dan nugget ikan lele pun siap untuk dinikmati.
Jika kalian ada yang tidak suka dengan ikan lele, kalian bisa menggantikan dagingnya dengan ikan jenis lain seperti tuna, tongkol, patin dan lain-lain. Selamat mencoba!