Selasa, 21 Juni 2016

Resep Kue Pukis Lembut dan Enak

Resep Kue Pukis - Kalian suka dengan jajajan pasar tradisional? jika begitu kalian pasti sudah tahu dengan kue lembut satu ini. Namanya kue pukis. Kue ini tidak jelas pastinya berasal dari daerah mana. Tapi daerah yang terkenal dengan pembuatan kue ini adalah banyumas. Itu kawan kota yang letaknya berada di jawa tengah.

Mengapa kota banyumas ya? kalau hal itu tidak tahu, tapi yang jelas biasanya kalau kita membeli kue pukis, apalagi di pinggiran jalan. kebanyakan kita akan menemukan gerobak-gerobak abang penjual itu bertuliskan banyumas. Ya meskipun terkadang kita juga akan menjumpai tulisan kota lainnya seperti bangka.

Kue pukis ini bentuknya unik dan mirip dengan perahu. Teksturnya empuk dan lembut serta rasanya enak dan lezat. Oh ya, untuk memperkaya rasanya sekarang kue ini banyak dipadukan sama bahan lainnya seperti contohnya dikasih taburan maupun lapisan. Atau kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah toping.
Resep Kue Pukis
Ilustrasi Kue Pukis
Topingnya pun beragam ada yang coklat, keju, strawberry dan lain-lain. Dan terkadang ada juga yang merobak bahan-bahannya seperti menambahkan pandan sehingga memiliki rasa pandan dan lain-lain banyak lah pokonya.

Untuk kesempatan kali ini buletinresep akan mengajak kalian semua untuk membuat kue pukis yang rasanya enak dan lembut. Dan biar tambah enak lagi kalian bisa menambahkan lapisan atau istilahnya toping tadi sesuai dengan keinginan kalian.

Resep Kue Pukis


Bahan-bahan :
  • 125 gram tepung terigu, bisa menggunakan tepung kualitas bagus seperti segitiga biru, cakra kembar atau yang lainnya.
  • 150 ml santan kelapa instan Kara.
  • 125 gram gula pasir halus
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 2 butir telur ayam
  • Margarin atau mentega secukupnya
  • Toping sesuai selera : bisa coklat, keju, pisang dan lain-lain
Peralatan:
  • Mixer
  • Cetakan Kue Pukis
  • Panci
  • Kompor
  • Wadah / Baskom
Cara membuat kue pukis yaitu:
  1. Masukkan santan kelapa instan Kara ke dalam Panci. Kemudian masak hingga mendidih. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Berikutnya Tuangkan tepung terigu dengan ragi instan dalam satu wadah. Kemudian aduk-aduk supaya tercampur merata. Sisihkan dahulu.
  3. Selanjutnya pecahkan telur ayam ke wadah lainnya dan tambahkan gula pasir. Lalu kocok atau aduk dengan menggunakan Mixer dengan kecepatan yang tinggi. Jika sudah mengembang, turunkan kecepatan menjadi sedang.
  4. Kemudian masukkan campuran tepung terigu sama ragi instan ke dalamnya secara perlahan-lahan sambil diaduk dengan mixer. Setelah habis tepungnya, lalu gantian santan kelapa dimasukkan juga perlahan-perlahan & masih diaduk dengan mixer.
  5. Setelah semua bahan tercampur merata, matikan mixer. Lalu diamkan sejenak adonan kurang lebih 30 menitan.
  6. Jika sudah, tahap selanjutnya panaskan cetakan kue pukis diatas kompor. Olesi cetakan dengan margarin atau mentega supaya nanti tidak lengket. Lalu tuangkan adonan ke masing-masing lubang cetakan kue pukis. Menuangnya perlahan dan jangan sampai terlalu penuh ya, soalnya nanti kuenya bakal mengembang.
  7. Jika semua luabng sudah terisi semua, tutup cetakan dengan penutupnya. Masak sebentar sampai setengah matang. Buka tutupnya, lalu kalian kasih toping sesuai selera kalian, bisa ceres (coklat), keju, pisang dan lain-lain. Jika sudah tutup kembali & masak sampai matang.
  8. Angkat dan kue pukis pun siap untuk disajikan.