Rabu, 22 Juni 2016

Resep Bobor Bayam Jawa Enak Banget

Resep Bobor Bayam - kalian pernah dengar tentang masakan bobor? itu sih masakan enak dari pulau jawa yang menggunakan sayuran hijau plus santan kelapa sebagai kuahnya. Nah ternyata masakan bobor ini tak hanya bisa dibuat dengan sayuran seperti kangkung, lembayung, sawi dan daun singkong saja. Tapi bisa juga dibuat dari sayur yang sering dimakan oleh kartun animasi popeye yakni bayam.

Bayam termasuk sayuran yang punya nilai kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh, walaupun rasanya itu memang agak terasa pahit kalau dimakan. Tapi jika diolah dengan baik, sayur hijau ini bisa menjadi masakan yang enak dan lezat sebagai menu makan untuk keluarga, ya seperti masakan bobor bayam ini.

Jika dibandingkan sama masakan bobor dengan sayur lainnya, bobor bayam ini tak kalah enak dan nikmatnya. Soalnya bumbu yang dipakai cenderung sama-sama sedapnya dan yang terpenting adalah pemakaian santan kelapa yang membuat cita rasanya jadi lebih gurih. Kalau untuk yang terenak yang mana, itu semua tergantung seleranya saja, suka pakai sayuran apa.

Resep Bobor Bayam
Ilustrasi Bobor Bayam
Sayur bobor bayam ini aslinya sudah sangat dikenal terutama untuk wilayah jawa tengah dan jawa timur. Bahkan kemungkinan besar banyak dari warga disana, terutama para ibu-ibunya yang kerap menyajikan masakan ini buat keluarganya.

Cara membuat sayur bobor bayam aslinya tak terlalu sulit karena memang prosesnya sendiri agak mirip jikalau kita membuat bobor pakai sayur yang lain. Kalau bagi yang sudah pernah buat pasti langsung setuju dengan hal ini. Dan bagi mereka yang belum pernah coba membuat tapi punya keinginan untuk membuatnya, berikut resep bobor ayam untuk kalian!.

Resep Bobor Bayam 

Bahan & bumbu :
  • 300 gram sayur bayam, cuci bersih lalu siangi
  • 750 ml santan kelapa
  • 1 lembar daun salam, cuci bersih dengan air
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 sendok makan garam dapur
  • 1/2 sendok teh gula pasir
Bumbu halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 1/4 sendok teh ketumbar
Cara membuat bobor ayam enak yakni:
  1. Langkah pertama, tuang santan kelapa ke dalam panci. Kemudian panaskan diatas kompor dengan api sedang.
  2. Kemudian, masukkan bumbu halus, daun salam serta lengkuas kedalamnya. Aduk-aduk lalu biarkan saja sejenak hingga panas dan tercium aroma harum.
  3. Jika sudah, berikutnya ambil sayur bayam yang sudah disiangi lalu masukkan saja kedalam panci. Tambahkan garam dapur serta gula pasir biar rasanya enak dan gurih.
  4. Aduk-aduk biar semua bahan tercampur merata dan masak sampai matang.
  5. Sayur bobor bayam pun siap untuk disajikan & dinikmati.