Kamis, 12 Mei 2016

Resep Bistik Daging Sapi Enak dan Empuk

Resep Bistik Daging - daging memanglah makanan yang sangat disukai. Bahkan karena kelezatannya sampai-sampai dari mulai anak kecil hingga orang dewasa yang suka. Nah salah satu masakan olahan dari daging ini ialah bistik daging.

Bistik, pasti banyak dari kalian yang tahu namun tentu saja ada sebagian yang tak terlalu mengenal dengan masakan ini. Ya, mau bagaimana lagi, kuliner enak ini bukanlah asli indonesia melainkan berasal dari luar negeri sana. Namun meski demikian lidah kita ternyata mampu untuk beradaptasi alias bisa menerima cita rasa nya dan alhasil bistik daging ini sekarang bisa tersebari di berbagai daerah di tanah air.
Resep Bistik Daging
Ilustrasi Bistik Daging Sapi
Bistik sendiri bisa memakai macam-macam daging. Bisa daging ayam, namun yang kerap dipakai ialah daging sapi. Selain tekturnya yang lebih keras, rasa daging sapi memang lebih mantap apalagi jika dipadukan sama bumbu khas bistik. enak sekali lah pokoknya.

Bagian yang digunakan dalam pembuatan bistik daging pun, bukan asal daging sapi melainkan bagian has dalam. Yaitu bagian di tengah badan sapi, yang mana punya teksturnya yang empuk halus dan enak dibandingkan daging di bagian lainnya. Dan sebab inilah bagian ini menjadi salah satu bagian daging sapi yang punya harga jual yang tinggi.

OK, langsung saja berikut resep dan cara membuat bistik daging sapi yang enak banget. Oh ya, terkadang untuk membuat bistik daging yang dipakai itu ada yang digiling serta dicincang. Namun diresep kali ini dagingnya dibiarkan saja alias cuma diiris. Lebih cepat dan rasanya tak kalah enak pula.


Bahan-utama:
  • 500 gram daging sapi has dalam ( tenderloin).
  • Kecap manis secukupnya  
  • 1/2 bawang bombay cincang halus
  • 1 butir bawang merah
Bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • Lada secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Pala secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
Cara membuat bistik daging sapi:
  1. Langkah pertama, cuci dengan air hingga bersih lalu iris-iris sesuai dengan selera.
  2. Masukkan irisan daging sapi kedalam wajan. Masukkan bumbu halus serta kecap manis kemudian uleni sambil diremas-remas supaya bumbu nya meresap ke daging. Kemudian tambahkan pula irisan bawang bombay dan bawang merah, aduk lagi biar merata.
  3. Nyalakan api, kecil saja lalu taruh wajan berisi daging tersebut diatasnya. Tak perlu memakai minyak goreng ya, karena sudah ada air yang keluar dari daging. Biasa saja sih soalnya daging jika dimasak pasti keluar airnya. Nah itulah yang dipakai.
  4. Berikutnya tinggal masak saja terus sampai dagingnya empuk dan matang serta kering.