Kamis, 17 Desember 2015

Resep Dimsum Ayam Praktis Enak

Resep Dimsum Ayam - adalah salah satu varian dimsum di indonesia, selain dimsum udang, hakau dan lain-lain. Keberadaan kuliner ini sendiri secara tidak langsung telah menjadi bukti bahwa negara indonesia tak hanya kaya dengan kuliner lokal saja, namun juga kaya akan kuliner dari luar negeri.

Hal ini mengingat kuliner yang mirip dengan siomay ini, merupakan salah satu makanan yang aslinya berasal dari daratan cina. Dan menariknya hingga saat ini, makanan ini masih ada di tanah air dan termasuk salah satu kuliner yang disukai oleh masyarakat indonesia.

Meskipun sudah lama di indonesia, namun keberadaan dimsum ayam ini sendiri bisa dibilang masih langka alias jarang ditemukan. Ya sama seperti jenis dimsum yang lainnya. Yang menyediakan hanya restoran -restoran tertentu saja, yang oriental tentunya.

Resep Dimsum Ayam
Ilustrasi Dimsum Ayam
Namun meski begitu, resep untuk membuat makanan dimsum ayam ini sudah banyak beredar dan telah diketahui. Jadinya kita tak perlu lagi membeli ketika ingin makan dan tak harus repot-repot mencari restoran yang menjual kuliner oriental ini. Baiklah inilah resep dan cara pembuatannya khusus buat kalian.



Bahan-bahan:
  • 225 gram fillet paha ayam (daging paha tanpa kulit & tulang bisa, dibeli di pasar maupun supermarket terdekat), cuci bersih lalu cincang hingga halus.
  • 150 gram tepung sagu
  • 50 ml air dingin / es
  • Kulit siomay yang sudah jadi atau bisa digunakan, secukupnya (bisa dibeli dipasar)
  • 2 batang daun bawang, cuci bersih lalu iris halus
  • 80 gram parutan wortel 
Bumbu-bumbu:
  • 3 siung bawang putih, kupas kulitnya kemudian haluskan dengan cara diulek maupun diblender
  • 3/4 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok teh minyak wijen
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh garam dapur
  • 1 1/2 sendok makan kecap ikan botolan
Cara membuat dimsum ayam yang enak :
  1. Pertama-tama, ambil satu buah wadah ukuran besar. Lalu masukkan fillet paha ayam yang sudah dicincang halus, masukkan juga bawang putih halus, merica bubuk, garam serta gula pasir. Aduk dan campur semua nya menjadi satu.
  2. Kemudian tambahkan kecap ikan dan minyak wijen. Aduk-aduk lagi sampai adonan tercampur merata dan tak ada gumpalan..
  3. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke adonan sambil tetap diaduk.
  4. Lalu masukkan juga tepung sagu, caranya juga sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Aduk dan uleni hingga adonannya menjadi licin dan kalis.
  5. Berikutnya, siapkan satu kulit siomay siap pakai yang telah kita beli dipasar. Ambil sedikit adonan isian dimsum yang sudah kita buat sebelumnya, sedikit saja atau boleh sesuai selera. Taruh pada kulit siomay, kemudian tutup dengan cara dilipat. Dan jangan lupa rekatkan ujungnya dengan menggunakan air supaya tidak lepas atau buyar. Taburi bagian atasan / ujung dimsum dengan parutan wortel supaya lebih cantik.
  6. Lakukan berulang sama seperti itu hingga kulit siomay serta isiannya habis. Dan jadi beberapa buah dimsum ayam. 
  7. Panaskan 1 buah panci kukusan berisi air. Jika sudah panas, tata daun pisang yang sudah diberi minyak kedalam panci kukusan. Hal ini akan membuat dimsum nantinya tak akan lengket pada panci kukusan.
  8. Lalu taruh semua dimsum ayam kedalamnya. Masak hingga matang kurang lebih selama 16 menitan.
  9. Angkat dan siap untuk dihidangkan & dinikmati.