Kamis, 29 Januari 2015

Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning Yang Enak

Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning - siapa sih yang ga suka dengan daging ayam? tentu semua pada suka kan?. Daging ayam memang salah satu jenis daging yang banyak digemari oleh masyarakat jika dibandingkan dengan jenis daging-daging lainnya. Memiliki tekstur yang lebih lembut ditambah dengan harga belinya yang murah membuat banyak orang cenderung memilih daging ayam ini dibandingkan dengan yang lainnya.

Bicara mengenai daging ayam, ada berbagai macam cara untuk memasak daging yang satu ini. Bisa dengan cara di rebus, di goreng hingga di bakar. Nah, untuk kesempatan kali ini kita akan membicarakan salah satu masakan olahan daging ayam yang dibuat dengan cara di goreng. namanya adalah ayam goreng bumbu kuning.

Ayam goreng bumbu kuning ini merupakan salah satu varian masakan ayam goreng yang cukup terkenal di indonesia. Mengapa saya bilang salah satu varian? ini karena memang masih ada banyak sekali varian ayam goreng lainnya seperti ayam goreng mentega, kremesan, sunda, ncc dan masih banyak lagi. Kalau disebutin satu persatu rasanya akan memakan waktu yang cukup lama, he he he.

Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning
Ayam Goreng Bumbu Kuning
Sumber Gambar : http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/15764-ayam-goreng-bumbu-kuning.html
lantas apa sih istimewanya masakan ayam goreng ini dengan yang lainnya?. Ya sebenarnya bisa dibilang istimewa karena proses pembuatannya hampir mirip sama ayam goreng yang lain. Cuma yang membuatnya berbeda adalah bumbu-bumbunya yang digunakan sebagai pengolah rasanya. kalau ditanya bagaimana rasanya? jawabannya sudah tentu enak dan lezat.

Tidak percaya? kalau begitu silahkan saja membelinya di warung-restoran terdekat anda dan cicipi sendiri rasanya. Kalau tak mau, ya bikin sendiri aja dirumah karena cara buatnya juga cukup gampang dan sederhana. Ini telah saya sediakan resep dan cara membuat ayam goreng bumbu kuning yang enak dengan cara pembuatan yang saya rasa cukup mudah bagi anda.


Bahan-bahan :
  • 1 kg daging ayam, potong-potong sesuai selera
  • 2 btng serai, digeprek
  • 2 lmbr daun salam
  • 400 ml air putih
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang perlu dihaluskan antara lain :
  • 4 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 4 cm kunyit  yang telah dibakar
  • 4 cm jahe
  • 4 cm lengkuas
  • 1 sdm garam dapur
  • 1sdt ketumbar
  • 5 buah butir kemiri yang telah disangrai
Cara membuat ayam goreng bumbu kuning ialah :
  1. Pertama-tama, siapkan wajan, kasih minyak goreng.  Lalu masukkan daging ayam, serai, daun salam dan juga bumbu halus kedalamnya. Aduk semua bahan tadi hingga tercampur merata, lalu kasih dengan air (setengahnya saja / 200 ml ). Masak terus hingga mendidih & air di dalam wajan berkurang.
  2. Tuanglah lagi sisa air kedalam wajan tadi secara bertahap ( sedikit-sedikit ) sampai ayamnya benar-benar matang dan semua bumbu telah meresap. Setelah itu, angkat ayam dan dinginkan sebentar.
  3. Setelah dirasa dingin, ambil potongan ayam tadi lalu goreng dalam minyak panas dengan menggunakan api yang sedang. Gorenglah hingga matang dan warnanya telah menjadi kuning kecoklatan. Angkat & tiriskan dari minyak goreng.
  4. Ayam goreng bumbu kuning yang enak pun siap untuk anda nikmati.
Begitulah kiranya resep dari masakan ayam goreng bumbu kuning yang enak.  Agar pengetahuan anda semakin luas, tidak ada salahnya jika anda membaca artikel resep lainnya di blog ini misalkan saja resep ayam bakar bumbu madu jahe yang enak. Terima kasih banyak dan selamat mencoba dan berkreasi ria!.