Sabtu, 09 April 2016

Resep Cireng Bandung Tanpa Isi Enak Lezat

Resep Cireng Bandung Tanpa Isi  - Aneka jajanan khas kota bandung banyak jenisnya. Salah satunya adalah cireng. Namanya memang cukup aneh namun hal tersebut justru malah menjadi keunikan tersendiri makanan ini. Jajanan ini bisa dijajarkan sama seperti seblak dan jajanan khas kota kembang lainnya. Dan untuk rasa, tak perlu ditanya lagi deh kayaknya.

Cireng sendiri terbagi dalam beberapa variasi. Nah di kesempatan kali ini kita bakal bahas mengenai resep cireng yang tanpa isian. Alasannya kenapa? ya untuk rasa memang enakkan yang ada isiannya. Namun meski demikian bukan berarti varian ini gak enak. Tetap enak kok, buktinya banyak yang suka juga lho sama jajanan ini.

Alasan lainnya karena cireng tanpa isi ini bisa dikatakan lebih mudah & sederhana dibandingkan varian cireng lainnya. Pembuatannya juga tidak terlalu ribet jadi cocoklah bagi kalian yang mungkin masih baru dalam membuat jajanan khas bandung ini.

Resep Cireng Bandung Tanpa Isi
Ilustrasi Cireng Bandung Tanpa Isi
Baiklah, langsung saja kali ya?. Daripada panjang lebar jelasinnya lebih baik langsung saja simak resep dan cara membuat cireng bandung tanpa isian yang enak nan lezat berikut ini!.





Bahan-bahan:
  • 300 gram tepung tapioka 
  • 150 gram tepung terigu
  • Air yang sudah mendidih secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
Bumbu:
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1 sendok teh garam dapur
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • Gula pasir secukupnya 
Cara membuat cireng bandung tanpa isi yaitu:
  1. Pertama-tama ambil 1 buah baskom ataupun wadah yang ukurannya agak besar.
  2. Kemudian masukkan bahan yang sudah disiapkan. Dari mulai tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih halus, merica bubuk, penyedap rasa, garam dapur serta gula pasir.
  3. Lalu tuangkan air mendidih sedikit demi sedikit secara perlahan ke adonan. Uleni dengan tangan. Namun perlu hati-hati karena air yang digunakan panas. Kalian juga bisa memakai sarung tangan plastik supaya lebih aman.
  4. Uleni adonan tersebut sampai licin dan kalis.
  5. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat & pipihkan. Lakukan sampai adonannya habis.
  6. Selanjutnya, panaskan minyak goreng cukup banyak. Setelah benar-benar panas celupkan semua cireng mentahnya.
  7. Goreng sampai matang dan warnanya berubah kecoklatan.