Kamis, 05 November 2015

Resep Tahu Bulat Goreng Khas Dari Kota Tasikmalaya

Resep Tahu Bulat Goreng  - Wih, ada satu lagi nih kuliner ( atau mungkin bisa disebut jajanan ) yang enak. Dan ini sepertinya cocok dijadikan sebagai cemilan saat menghabiskan waktu luang bersama dengan keluarga tercinta. Kuliner ini adalah tahu bulat goreng khas datang dari kota santri tasikmalaya

Cemilan ini memang terkesan sederhana saja, namun jangan salah rasanya itu enak dan tetap menggoda selera. Sesuai namanya, kuliner ini memakai tahu yang diubah menjadi bentuk bulat-bulat mirip dengan bola pingpong, dimana biasanya bagian tengah tahu ini menjadi kopong.. Dan bentuknya inilah yang jadi keunikan dari kuliner ini, mengingat pada umumnya tahu itu punya bentuk kotak.

Resep Tahu Bulat Goreng
Tahu Bulat Goreng
Tahu bulat goreng tasikmalaya bisa dengan mudah dibuat oleh teman-teman. Tau kenapa? ya memang pada dasarnya pembuatan kuliner ini sederhana sekali. Apalagi bahan yang digunakan juga sering kita gunakan ketika membuat masakan atau makanan lainnya. Yap, biar semakin tahu nih ada resep dan juga cara pembuatan nya!



Bahan-bahan:
  • 4 buah tahu putih, yang sebelumnya sudah di masukkan ke dalam lemari pendingin dalam waktu semalaman
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus nya:
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan kaldu ayam bubuk
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • 1/4 sendok teh gula pasir halus
  • Garam dapur secukupnya / banyak dikitnya sesuai selera saja
Cara membuat tahu bulat goreng khas dari kota tasikmalaya ialah:
  1. Langkah pertama, haluskan tahu putih dengan cara ditumbuk atau bisa juga dengan cara diremat-remat. Jika sudah, ambil bumbu halus dan campurkan dengan adonan tahu. Campur sampai benar-benar merata.
  2.  Setelah itu, ambil sedikit adonan dengan sendok lalu bentuk menyerupai bola (bulat). Lakukan berulang hingga semua adonan habis dan jadi bulat-bulat semuanya.
  3. Berikutnya, panaskan minyak goreng cukup banyak. Setelah dirasa telah panas, masukkan tahu bulatnya. Goreng hingga matang dan warnanya berubah menjadi kekuningan.
Tahu bulat goreng khas dari kota tasikmalaya ini akan semakin enak dan jika dinikmati bersama cabe ataupun saus sambal. Memang pedas sih, namun justru itulah sisi enaknya.