Selasa, 25 Agustus 2015

Resep Ayam Rica Rica Pedas Khas Manado

Resep Ayam Rica Rica - Tak diragukan lagi jika negara kita indonesia, memang kaya akan kuliner yang enak dan lezat. Banyak daerah di negara kita ini yang mempunyai kuliner-kuliner enak, salah satunya ialah manado. Kota yang berada di sulawesi utara itu, punya banyak makanan nikmat. Dan salah satunya ialah masakan yang akan kita bicarakan pada kesempatan kali ini yaitu ayam rica-rica.

Bagi penikmat kuliner, ayam rica-rica ini pastinya bukan sesuatu yang asing lagi mengingat kuliner satu ini memang kerap di cari karena kelezatan dari rasanya. Apalagi sekarang, masakan ini juga sudah banyak dijual di restoran maupun rumah makan di berbagai daerah di indonesia. Jadinya, ya kita bisa mendapatkan masakan ini dengan mudah.

Resep Ayam Rica Rica
Ayam Rica Rica
Kuliner ini punya ciri khas lho temen-temen yakni rasanya yang pedas. Ya, sesuai dengan nama nya sih, yakni "Rica" yang artinya ialah cabai atau bisa juga pedas. Nah karena itulah, bagi temen-temen yang tidak suka dengan rasa pedas, masakan ini rasanya tidak akan cocoklah dengan kalian. Apalagi buat yang punya masalah di lambung, sebaiknya dihindari saja masakan dan diganti dengan masakan ayam lainnya.

Meskipun aslinya berasal dari manado, namun bukan berarti daerah lainnya tidak bisa untuk membuat masakan ayam rica rica ini. Tidak percaya? gimana kalau temen-temen semua coba untuk membuatnya sendiri di rumah dan untuk resep serta cara membuatnya sudah ada di bawah ini.


Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam ukuran sedang, cuci bersih lalu potong menjadi beberapa bagian (sesuai selera)
  • 8 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 1 ruas jari jahe
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air putih secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus :
  • 18 buah cabai merah besar
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 8 butir bawang merah
  • 4 sung bawang putih
Cara membuat ayam rica-rica yaitu:
  1. Langkah pertama ialah menggoreng ayam nya terlebih dahulu. Panaskan minyak cukup banyak, kemudian goreng ayam sampai setengah matang saja. Lalu angkat, tiriskan dan sishkan terlebih dahulu.
  2. Berikutnya, panaskan kembali minyak. Namun kali ini cukup sedikit saja, lalu tumis bumbu halus sambil diaduk-aduk hingga harum.
  3. Kemudian, ambil ayam yang sudah digoreng setengah matang tadi dan masukkan / campurkan pada bumbu halus yang ditumis. Aduk-aduk supaya ayam dan bumbunya tercampur merata.
  4. Lalu tuangkan air putih secukupnya saja & aduk-aduk lagi biar merata.
  5. Masukkan garam, gula pasir, jahe, serai dan juga daun jeruk. Aduk lagi biar semua nya tercampur rata.
  6. Masak terus hingga ayam hingga matang dan bumbu nya telah meresap. Ayam rica rica pun siap untuk dinikmati.
Demikian resep masakan ayam rica rica yang pedas namun enak khas kota manado, sulawesi utara. Yuk baca juga resep lainnya seperti resep rendang ayam dan juga resep semur ayam yang tak kalah enak tentunya. Terima kasih dan selamat memasak ya ^-^.